Efektivitas Pendekatan Kontekstual melalui Strategi React pada Materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara
Dian Purnamasari, 4401405038 (2011) Efektivitas Pendekatan Kontekstual melalui Strategi React pada Materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (Efektivitas Pendekatan Kontekstual melalui Strategi React pada Materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara)
- Published Version
Download (56kB) |
Abstract
ABSTRAK Purnamasari, Dian. 2010. Efektivitas Pendekatan Kontekstual melalui Strategi React pada Materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dra. Chasnah dan Andin Irsadi, S.Pd., M.Si Pembelajaran Biologi mengarahkan siswa belajar merumuskan konsep berdasarkan fakta empiris di lapangan, mengembangkan konsep menjadi pengetahuan yang bermakna agar dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya, pembelajaran Biologi di SMA 1 Banjarnegara masih cenderung didominasi oleh guru (teacher oriented) serta mengacu pada buku teks (textbook oriented) dengan teori-teori yang abstrak dan sedikit bersinggungan dengan keadaan sesungguhnya. Upaya untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pada materi Jamur menggunakan pendekatan kontekstual melalui strategi REACT di SMA 1 Banjarnegara dengan indikator keaktifan siswa sebanyak ≥70% kategori tinggi dan sangat tinggi, sebanyak ≥75% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai ≥65 dan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran termasuk baik. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan pendekatan Kontekstual melalui strategi REACT efektif dalam pembelajaran Jamur di SMA 1 Banjarnegara. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Banjarnegara pada kelas X semester gasal Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan sampel sebanyak 3 kelas. Faktor yang diteliti yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan Pre Experimental Design dengan metode One-shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan, hasil belajar aspek kognitif sebagian besar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan (memperoleh nilai ≥65). Hasil penilaian aspek afektif tergolong kategori baik dan sangat baik, hasil penilaian psikomotorik termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan aktivitas siswa dalam diskusi sebagian besar termasuk kategori tinggi. Selain itu kinerja guru dalam mengelola pembelajaran termasuk baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT efektif diterapkan pada materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara. Kata Kunci: pendekatan kontekstual, strategi REACT, materi jamur
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan kontekstual, strategi REACT, materi jamur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2011 08:44 |
Last Modified: | 23 Nov 2011 08:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9243 |
Available Versions of this Item
-
Efektivitas Pendekatan Kontekstual melalui Strategi React pada Materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara. (deposited 18 Nov 2011 00:27)
- Efektivitas Pendekatan Kontekstual melalui Strategi React pada Materi Jamur di SMA 1 Banjarnegara. (deposited 23 Nov 2011 08:44) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |