Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Ceramah Biasa dan “Pembelajaran Ceramah yang di Lengkapi Media Film” Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010


Guntur Sektiawan S, 5201405521 (2011) Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Ceramah Biasa dan “Pembelajaran Ceramah yang di Lengkapi Media Film” Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Ceramah Biasa dan “Pembelajaran Ceramah yang di Lengkapi Media Film” Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010] Microsoft Word (Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Ceramah Biasa dan “Pembelajaran Ceramah yang di Lengkapi Media Film” Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Sektiawan, Guntur, 2010. Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Ceramah Biasa dan “Pembelajaran Ceramah yang di Lengkapi Media Film” Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dr. M. Khumaedi, II. Rusiyanto, S.Pd, MT. Selama ini pembelajaran Menggambar Proyeksi di SMK Negeri 1 Semarang masih dilakukan dengan ceramah biasa, hasil belajarnya rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kompetensi menggambar proyeksi menggunakan metode ceramah biasa dengan metode ceramah yang dilengkapi dengan Media Film pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Semarang. Permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan hasil belajar kompetensi menggambar proyeksi menggunakan pembelajaran ceramah biasa dan pembelajaran ceramah yang dilengapi media film pada siswa XI SMK Negeri 1 Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen control group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Baik jurusan otomotif maupun produksi, Sampel diambil secara random sampling. Dari populasi 2 kelas diambil semuanya, 1 kelas sebagai kelompok eksperimen dan 1 kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Pemilihan kelompok dilakukan secara acak, variabel bebas penelitian ini adalah pembelajaran ceramah biasa dan pembelajaran ceramah yang dilengkapi media film serta variabel terikatnya dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam membaca gambar proyeksi yang menggunakan pembelajaran ceramah yang dilengkapi media film telah meningkat maka hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih baik dari kelas kontrol, Untuk rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 17,48 sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas kontrol 12,37. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran ceramah yang di lengkapi Media Film dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi menggambar proyeksi pada siswa. Oleh karena itu penulis menyarankan agar pembelajaran ini diterapkan pada konsep lain ataupun pada mata pelajaran yang lain. Kata kunci: Pembelajaran Menggambar Proyeksi, Media Film, Hasil Belajar, Kompetensi Menggambar Proyeksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menggambar Proyeksi, Media Film, Hasil Belajar, Kompetensi Menggambar Proyeksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 08:15
Last Modified: 23 Nov 2011 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9220

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item