KEEFEKTIFAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Achmad Nurul Falah , 4101402001 (2009) KEEFEKTIFAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2007/2008) - Published Version
Download (724Kb)

    Abstract

    Matematika yang bersifat abstrak menyebabkan banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal matematika. Penyebab lainnya adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna, guru dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan dengan skema yang dimiliki peserta didik dan peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-idenya. Model pembelajaran yang dipilih ikut berpengaruh dalam tercapainya tujuan pembelajaran matematika, yang salah satunya adalah menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran alternatif yang inovatif dan sedang berkembang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat signifikansi keefektifan antara pembelajaran matematika dengan model CTL dan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas X SMA Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2007/ 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2007/2008 yaitu sebanyak 318 peserta didik yang tersebar dalam sepuluh kelas yaitu kelas X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7, X8, X9 dan X10. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu penarikan sampel dari populasi berdasarkan kelompok dan terpilih kelas X4 sebagai kelas eksperimen I menggunakan pembelajaran CTL dan X5 sebagai kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran PBL. Data penelitian diperoleh dengan metode tes dan dokumentasi. Pada uji kesamaan proporsi, proporsi peserta didik yang mendapat nilai kemampuan berpikir kritis ≥ 60 yang diajar menggunakan pembelajaran PBL sama denga proporsi yang diajar menggunakan pembelajaran CTL. Setelah itu dilakukan uji proporsi pada pembelajaran PBL dan pada pembelajarn CTL Uji proporsi pada pembelajaran PBL diperoleh Zhitung > Ztabel, maka proporsi peserta didik yang mendapat nilai kemampuan berpikir kritis ≥ 60 dalam pembelajaran PBL berjumlah lebih dari 65%. Artinya bahwa model pembelajaran PBL dapat dikatakan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis. Sedangkan uji proporsi pada pembelajaran CTL diperoleh Zhitung < Ztabel, maka proporsi peserta didik yang mendapat nilai kemampuan berpikir kritis ≥ 60 dalam iii pembelajaran CTL berjumlah kurang dari 65%. Artinya bahwa kelas yang dalam pembelajarannya menerapkan model CTL belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti memberikan saran yang dapat diberikan bagi para peneliti dalam melakukan penelitian lanjutan adalah dengan melakukan tes dalam waktu yang lama supaya hasil tes yang didapatkan lebih representatif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran CTL, pembelajaran PBL, kemampuan berpikir kritis.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 04 Apr 2011 04:00
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:12

    Actions (login required)

    View Item