Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Tangga Nada Mayor melalui Pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan Alat Musik Pianika dan Recorder pada Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang


Rizky Melya Harmonilasari, 2503406015 (2011) Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Tangga Nada Mayor melalui Pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan Alat Musik Pianika dan Recorder pada Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Tangga Nada Mayor melalui Pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan Alat Musik Pianika dan Recorder pada Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Tangga Nada Mayor melalui Pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan Alat Musik Pianika dan Recorder pada Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (55kB)

Abstract

SARI Rizky Melya Harmonilasari. 2010. Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Tangga Nada Mayor melalui Pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan Alat Musik Pianika dan Recorder pada Kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Skripsi Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Proses pembelajaran Tangga Nada Mayor di SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang belum dapat menunjukkan hasil dan aktivitas belajar siswa yang optimal. Hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa cenderung bosan dan sulit untuk memahami materi yang disampaikan guru. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran lanngsung dan kooperatif dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikann, dan menganalisis pembelajaran langsung dan kooperatif dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa terhadap kompetensi dasar tangga nada mayor di SMP Negeri 1 Bergas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Sasaran penelitian adalah pembelajaran tangga nada mayor di SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan cara mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman dan Aktivitas Belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang mengalami peningkatan setelah guru pengajar Seni Budaya SMP Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang menggunakan metode pembelajaran Langsung dan Kooperatif dengan bantuan alat musik Pianika dan Recorder untuk menggantikan metode ceramah yang selama ini telah dilaksanakan. Berdasarkan kesimpulan maka saran-saran peneliti adalah sebagai berikut: Siswa meningkatkan kreativitas bermain alat musik baik individual maupun kelompok, guru pengajar menggunakan metode yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 08:16
Last Modified: 23 Nov 2011 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9219

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item