PEMBELAJARAN SAINS FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010

ADI FITRIA DEWI, 4201406021 (2011) PEMBELAJARAN SAINS FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Dewi, Adi Fitria. 2010. Pembelajaran Sains Fisika Berbasis Hands On Activity pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2009 / 2010. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Dwi Yulianti, M.Si.; Sunarno, S.Si., M.Si. Kata kunci: Aktivitas, Hands On Activity, Hasil Belajar, Listrik Dinamis. Berdasarkan hasil observasi di SMA 12 Semarang diperoleh keterangan di kelas X-3 masih ada siswa yang memiliki tingkat keaktifan rendah, siswa hanya mencatat dan diam sebagai pendengar. Hasil belajar fisika kelas X-3 di sekolah tersebut juga rendah. Hal ini terjadi karena aktivitas dan keinginan siswa untuk belajar masih kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan aktivitas dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 12 Semarang pada pokok bahasan listrik dinamis dengan menggunakan model pembelajaran berbasis hands on activity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aktivitas dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi yang berbeda. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, persentase nilai rata-rata aktivitas lisan meningkat dari 61.9% pada siklus I menjadi 75.5 % pada siklus II. Nilai rata-rata aktivitas mental meningkat dari 81.2% pada siklus I menjadi 91.4% pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat dari 62,86% pada siklus I menjadi 91,48% pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif meningkat dari 82,86% pada siklus I menjadi 94,28% pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 91,43% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, maka pembelajaran berbasis Hands On Activity dapat mengembangkan aktivitas, serta meningkatkan hasil belajar belajar fisika. Penerapan pembelajaran berbasis Hands On Activity sebaiknya lebih mengintensifkan proses pembimbingan saat melaksanakan praktikum agar siswa dapat bertanya pada guru apabila menemui kesulitan, sehingga praktikum dapat berjalan lancar dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hands On Activity, Hasil Belajar, Listrik Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: pradana adi fisika
Date Deposited: 23 Nov 2011 03:16
Last Modified: 23 Nov 2011 03:16

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item