PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN DAN MEDIA IKLAN KECIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XI SMK YUDYA KARYA MAGELANG


Nurul Khasanah, 2101406582 (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN DAN MEDIA IKLAN KECIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XI SMK YUDYA KARYA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN DAN MEDIA IKLAN KECIK  UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN  PADA SISWA KELAS XI SMK YUDYA KARYA MAGELANG] Microsoft Word (PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN DAN MEDIA IKLAN KECIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XI SMK YUDYA KARYA MAGELANG) - Published Version
Download (61kB)

Abstract

SARI Khasanah, Nurul. 2010. Penerapan Strategi Pemodelan dan Media Iklan Kecik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XI SMK Yudya Karya Magelang. Skripsi. Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Subyantoro, M.Hum., Pembimbing II: Drs. Haryadi, M.Pd. Kata kunci: strategi pemodelan, media iklan kecik, dan menulis surat lamaran pekerjaan. Strategi pembelajaran merupakan salah satu kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar. Kreativitas siswa dapat dirangsang dengan penerapan strategi pembelajaran dan pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan meteri pembelajaran. Pada kenyataannya sebagian besar guru belum mampu menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi dan memberikan pengertian kepada siswa tentang pentingnya belajar bahasa, khususnya dalam keterampilan menulis. Begitu juga yang terjadi di SMK Yudya Karya Magelang. Keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XI masih rendah. Siswa belum mampu menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan penerapan strategi pemodelan dan media iklan kecik. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XI SMK Yudya Karya Magelang setelah penerapan strategi pemodelan dan media iklan kecik dalam meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas XII SMK Yudya Karya Magelang setelah penerapan strategi pemodelan dan media iklan kecik dalam meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah keterapilan menulis surat lamaran pekerjaan dengan penerapan strategi pemodelan dan media iklan kecik pada siswa kelas XI. Sumber data yang diambil adalah siswa kelas XI SMK Yudya Karya Magelang. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu (1) variabel strategi pemodelan dan media iklan kecik, dan (2) variabel keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan nontes. Teknik tes diberikan melalui soal uraian dan teknik nontes diambil melalui observasi, catatan harian, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan pada tahap prasiklus nilai rata-rata yang dicapai sebesar 44,1 dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan dengan penerapan strategi pemodelan dan media iklan kecik pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 69,9 dengan kategori cukup. Tindakan dan nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang akan dicapai. Nilai rata-rata yang harus dicapai adalah 70. Oleh karena itu, penelitian melakukakan tindakan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 81,2 dalam kategori baik. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 11,4 atau 16,30% dari siklus I, sehingga peningkatan nilai rata-rata tes pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 56,62% dari prasiklus. Selain itu, perilaku–perilaku negatif siswa selama mengikuti pembelajaran pada tahap prasiklus dan siklus I mengalami perubahan ke arah positif pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi pemodelan dan media iklan kecik dapat meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diajukan beberapa saran yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesi dan Sastra Indonnesia hendaknya menerapkan strategi pemodelan dan media iklan kecik dalam pembelajaran menulis, khususnya dalam pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan. Selain itu, guru hendaknya selalu memberikan motivasi kepada siswa agar siswa senang dengan kegiatan menulis. Peneliti dibidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menerapkan strategi-strategi pembelajaran lain yang lebih menarik, kreatif, dan variatif, sehinggga memperkaya khasanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi pemodelan, media iklan kecik, dan menulis surat lamaran pekerjaan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 08:17
Last Modified: 23 Nov 2011 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9212

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item