PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Sri Utami , 1301404074 (2009) PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (671kB) | Preview

Abstract

Selama ini siswa SMP hanya tahu bagaimana mereka belajar. Dari cara siswa belajar terbentuk strategi belajar yang kurang efektif sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Dengan pemahaman siswa akan gaya belajar tertentu maka siswa dapat mengembangkannya menjadi strategi belajar yang lebih efektif lagi bagi dirinya, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar menjadi lebih optimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Ungaran tahun pelajaran 2008/2009? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Ungaran tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Ungaran Tahun Pelajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan rumus t-test yang digunakan adalah rumus pendek karena eksperimen hanya menggunakan satu kelompok dalam pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, pemahaman terhadap gaya belajar mengalami peningkatan. Gaya visual mengalami peningkatan dari 58,17% menjadi 62,44%, gaya auditori dari 60,83% menjadi 64,90% dan kinestetik dari 56,18% menjadi 65,47%. Sedangkan berdasarkan hasil uji t-test secara keseluruhan thitung 12,31 dan diperoleh bahwa thitung > ttabel artinya Ha diterima Ho ditolak dan membuktikan layanan informasi bidang bimbingan belajar berpengaruh terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas 7 SMP Negeri 3 Ungaran Tahun Pelajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sesudah menerima layanan informasi, pemahaman gaya belajar mengalami peningkatan: gaya visual menjadi 62,44%, gaya auditori 64,90%, gaya kinestetik 65,47%. Pemahaman gaya belajar siswa juga dapat dilihat dari hasil praktek membuat strategi belajar yang merupakan pengembangan dari gaya belajar siswa, didukung pula dengan hasil observasi pemahaman gaya belajar dan strategi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar, Gaya Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 07:54
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item