PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN TEGAL


Laily Fahriza, 3301405106 (2011) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI ] Microsoft Word (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI ) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Fahriza, Laily. 2011. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tegal“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Margunani, M.P. Pembimbing II. Amir Mahmud, S.Pd, M.Si. Kata kunci: Kinerja Guru Akuntansi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja. Kinerja guru akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern, diantaranya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja. Permasalahan dalam penelitian ini disebabkan karena kinerja guru akuntansi dirasa kurang optimal, hal ini dilihat dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang dimiliki guru yaitu dalam hal proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK Program Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tegal, mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi SMK Program Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tegal, dan mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK Program Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 guru akuntansi SMK Program Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tegal. Variabel yang diteliti kinerja guru akuntansi, kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, dan kuesioner sedangkan metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi ganda Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori sangat baik dan disiplin kerja dalam kategori sangat baik. Kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap kinerja guru akuntansi SMK Program Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru akuntansi baik secara simultan maupun secara parsial. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru perlu meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja dan kemauan diri untuk terus belajar. Kepala sekolah perlu meningkatkan kompetensi diri sebagai pemimpin, dan bagi pihak pengelola pendidikan perlu merumuskan dan mengiplementasikan kegiatan yang bertujuan mengefektifkan dan meningkatkan kemampuan manajerial kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru Akuntansi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 08:00
Last Modified: 23 Nov 2011 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9206

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item