Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta se-Kabupaten Kendal

Yuli Wulandari, 3301404118 (2009) Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta se-Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta se-Kabupaten Kendal) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Perkembangan dan perubahan secara terus menerus menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk manajemen berbasis sekolah (MBS) untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menjawab tantangan perubahan-perubahan jaman. Di sekolah swasta masih banyak dijumpai guru yang mengampu lebih dari satu mata pelajaran, input yang masih rendah, output yang belum mencapai 100%, sarana dan prasarana yang terbatas dan masalah sumber dana yang rendah menjadikan sekolah khususya kepala sekolah harus mampu mewujudkan mutu pendidikan dengan memadukan semua komponen-komponen manajemen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah kinerja manajemen SMA swasta se-Kabupaten Kendal? (2) Adakah perbedan kinerja manajemen sekolah antara sekolah akreditasi A, B dan C? Tujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui bagaimanakah kinerja manajemen SMA swasta se-Kabupaten Kendal? (2) Mengetahui ada tidaknya perbedan kinerja manajemen sekolah antara sekolah akreditasi A, B dan C? Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMA swasta di Kabupaten Kendal yang berjumlah 14 sekolah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini antara lain kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, hubungan masyarakat, dan layanan khusus. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Uji validitas menggunakan rumus product moment, dan reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Data-data yang telah terkumpul dianalisis menggunkan analisis data interpretasi skor dan uji anova. Hasil penelitian yang diperoleh adalah secara keseluruhan kinerja manajemen SMA dengan akreditasi A dan B tergolong dalam kategori sangat optimal atau sangat tinggi, sedangkan SMA dengan akreditasi C secara keseluruhan kinerja manajemennya tergolong dalam kategori optimal. Sekolah akreditasi A mempunyai kinerja manajemen yang lebih unggul daripada sekolah akreditasi B dan C. Sekolah swasta mempunyai kelemahan dan perbedaan pada tiap-tiap komponen manajemen sekolah, perbedaan yang mencolok terlihat pada aspek kesiswaan (input dan output). Dimana sekolah A lebih tinggi daripada B dan C. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu pelaksanaan manajemen di SMA secara keseluruhan sudah berjalan cukup baik. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak sekolah, sehingga dapat mewujudkan manajemen sekolah yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan mutu sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis, Kinerja Manajemen Sekolah
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Mar 2011 01:50
    Last Modified: 22 Mar 2011 01:51

    Actions (login required)

    View Item