. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bawen Pada Materi Pokok Segitiga Tahun Pelajaran 2009/2010.

Arif Wibowo, 4101406508 (2010) . Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bawen Pada Materi Pokok Segitiga Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

ABSTRAK Wibowo, Arif. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bawen Pada Materi Pokok Segitiga Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dr. Dwijanto, M.S, Pembimbing II : Dr. Masrukan, M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP), Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Semakin kreatif seseorang maka akan semakin banyak alternatif cara penyelesaian dari suatu masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas matematis peserta didik terutama menyangkut penyelesaian masalah yaitu model pembelajaran berbasis proyek (PBP). Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh materi pembelajaran dengan PBP dapat mencapai ketuntasan, (2) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh materi pembelajaran dengan PBP lebih baik daripada pembelajaran ekspositori, serta (3) apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bawen. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan PBP dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil belajar diperoleh 94% peserta didik yang memperoleh PBP mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh zhitung = 1,75 > ztabel = 0,17. Hal ini berarti lebih dari 85% peserta didik yang memperoleh PBP mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis kedua diperoleh = 78,97, = 73,23 dan thitung = 2,17 > ttabel = 1,99. Ini berarti kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis hipotesis ketiga diperoleh persamaan regresi linier sederhana untuk kelas eksperimen , koefisien determinasi sebesar 44,88% dan uji regresi linier signifikan. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan yaitu (1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh materi pembelajaran dengan PBP mencapai ketuntasan, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh materi pembelajaran dengan PBP lebih baik daripada pembelajaran ekspositori, dan (3) motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Disarankan agar guru menerapkan pembelajaran berbasis proyek, serta meningkatkan pemberian motivasi kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP), Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: adhi mahasiswa fisika
Date Deposited: 23 Nov 2011 02:59
Last Modified: 23 Nov 2011 02:59

Actions (login required)

View Item