PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN, MINAT DAN PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD “ANTEP” DI KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG


Fitriyatul Marzukah, 7101406071 (2011) PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN, MINAT DAN PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD “ANTEP” DI KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN, MINAT DAN PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD “ANTEP” DI KECAMATAN PEMALANG  KABUPATEN PEMALANG] Microsoft Word (PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN, MINAT DAN PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD “ANTEP” DI KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Marzukah, Fitriyatul. 2010. “Pengaruh Pendidikan Perkoperasian, Minat dan Pelayanan Terhadap Partisipasi Anggota KUD ’ANTEP’ di Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra.Y.Titik Haryati, M.Si. II. Drs. H. Muchsin, M.Si. Kata kunci : Pendidikan Perkoperasian, Minat, Pelayanan, dan Partisipasi. KUD ‘ANTEP’ Pemalang merupakan koperasi yang melayani dalam bidang jasa yang di kelola dari, oleh dan untuk rakyat, akan tetapi partisipasi anggota koperasi ini rendah di karenakan kurangnya pendidikan perkoperasian, minat berkoperasi dan pelayanan koperasi secara maksimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendidikan perkoperasian, minat dan pelayanan terhadap partisipasi anggota KUD ’ANTEP’ di Kecamatan Pemalang? (2) Adakah pengaruh pendidikan perkoperasian, minat, dan pelayanan terhadap partisipasi anggota KUD ’ANTEP’ di Kecamatan Pemalang? (3) Seberapa besar pengaruh pendidikan perkoperasian, minat dan pelayanan terhadap partisipasi anggota KUD ’ANTEP’ di Kecamatan Pemalang?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Unit Desa (KUD) ’ANTEP’ Pemalang yang terdaftar pada tahun 2008 yaitu berjumlah 1636 anggota. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sampel wilayah secara acak atau area probability random sampling yang berjumlah 94 anggota. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendidikan perkoperasian (X1), minat berkoperasi (X2), dan pelayanan koperasi (X3), sedangkan variabel terikat (Y) adalah partisipasi anggota. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket,dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 15 for Windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase diperoleh pendidikan perkoperasian masuk kategori rendah, minat berkoperasi masuk kategori rendah, pelayanan koperasi masuk kategori rendah dan partisipasi anggota masuk kategori rendah. Analisis regresi menunjukan adanya pengaruh pendidikan perkoperasian, minat dan pelayanan terhadap partisipasi anggota KUD ANTEP Pemalang di Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang baik secara parsial maupun simultan. Kesimpulan penelitian ini bahwa pendidikan perkoperasian, minat, pelayanan dan partisipasi anggota KUD ‘ANTEP’ Pemalang masih rendah. Saran untuk koperasi yaitu Pihak pengurus perlu meningkatkan pendidikan non formal anggota dengan cara mengadakan kegiatan penyuluhan perkoperasian bagi anggota, hendaknya anggota lebih meningkatkan perhatian terhadap koperasi dan pengurus perlu meningkatkan pelayanan yang lebih baik terutama dalam unit usaha rice milling dengan cara memberikan pengarahan kepada anggota agar menggali potensi yang di milikki unit usaha rice milling di KUD ’ANTEP’ Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Perkoperasian, Minat, Pelayanan, dan Partisipasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 07:41
Last Modified: 23 Nov 2011 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9172

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item