Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007.

Agustina Megawati, 3351405547 (2009) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007.) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Keputusan pendanaan menentukan kemampuan perusahaan untuk dapat bertahan hidup dan berkembang. Struktur modal merupakan salah satu cara meningkatkan kemajuan perusahaan. Permasalahan yang dikaji adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 perusahaan Real Estate and Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007. Sampel yang diambil sebanyak 17 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset. Sedangkan variabel dependennya adalah struktur modal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dari perhitungan persamaan regresi didapatkan tingkat signifikansi hipotesis 1 sebesar 0,287 berarti bahwa tidak ada pengaruh antara variabel ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Hipotesis 2 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,000 berarti ada pengaruh antara variabel profitabilitas terhadap struktur modal. Hipotesis 3 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,526 berarti tidak ada pengaruh antara variabel struktur kepemilikan terhadap struktur modal. Hipotesis 4 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,615 berarti tidak ada pengaruh antara variabel resiko bisnis terhadap struktur modal. Hipotesis 5 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,896 berarti tidak ada pengaruh antara variabel pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Hipotesis 6 didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti ada pengaruh secara simultan antara variabel ukuran prusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Nilai Adjust R Square sebesar 53,6% berarti variabel bebas dalam penelitian ini dapat menerangkan variabel terikat sebesar 53,6%. Simpulan penelitian ini adalah secara parsial hanya profitabilitas yang berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan secara simultan semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh terhadap struktur modal. Saran yang penulis sampaikan sebelum menanamkan modal investor sebaiknya melihat prospek dan kinerja perusahaan terlebih dahulu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, pertumbuhan asset, dan struktur modal.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 04 Apr 2011 03:59
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:12

    Actions (login required)

    View Item