PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY (HOA) POKOK BAHASAN KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG


Wulan Mediaslita, 4201406020 (2011) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY (HOA) POKOK BAHASAN KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY (HOA) POKOK BAHASAN KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG] Microsoft Word (PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY (HOA) POKOK BAHASAN KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 SEMARANG) - Published Version
Download (45kB)

Abstract

Mediaslita, Wulan. 2010. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activity (HOA) Pokok Bahasan Kalor untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 12 Semarang. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Dra. Dwi Yulianti, M.Si, Dr. Achmad Sopyan, M.Pd. Kata Kunci : hands on activity (HOA), kemampuan berpikir kritis, kalor Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut adanya peningkatan peran siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran. Posisi siswa yang sebelumnya menjadi objek pembelajaran kini beralih menjadi subjek pembelajaran. Siswa dituntut untuk berpikir dan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis hands on activity (HOA). Hands on activity dipandang tepat diterapkan dalam pembelajaran pada pokok bahasan kalor karena siswa dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan kalor melalui pembelajaran fisika berbasis hands on activity. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Control group pre test–post test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes tertulis, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik parametris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan. Peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 0.53, 0.26, dan 0.33, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.33, 0.13, dan 0.07. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0.34, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.17. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran fisika berbasis hands on ativity dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan kalor. Saran yang dapat penulis ajukan berdasarkan hasil penelitian adalah dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis hands on activity agar mencapai hasil yang optimal, perlu diadakan persiapan yang lebih matang dan pengelolaan waktu yang seefektif mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hands on activity (HOA), kemampuan berpikir kritis, kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 07:41
Last Modified: 23 Nov 2011 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9168

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item