PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GUBUG MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM


Fitri Sari Hidayah, 4301406009 (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GUBUG MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GUBUG MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM] Microsoft Word (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GUBUG MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Hidayah, F.S. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Media CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gubug Materi Pokok Hidrolisis Garam. Skripsi, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Dr. Sudarmin, M.Si, Dosen Pembimbing II: Dra. Sri Mantini RS, M.Si. Kata Kunci: Pengaruh, model pembelajaran berdasarkan masalah, CD interaktif, hasil belajar. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan menggunakan media yang mampu menarik perhatian serta memotivasi siswa dalam pembelajaran. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan media CD interaktif. Dalam hal ini, CD interaktif berfungsi sebagai media untuk menyampaikan permasalahan kepada siswa, mengarahkan materi yang berhubungan dengan permasalahan, serta membantu memberikan analisis dan evaluasi sebagai penguatan terhadap proses pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan media CD interaktif terhadap hasil belajar siswa materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gubug tahun ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu dua kelas diambil secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel bebas yaitu pembelajaran berdasarkan masalah dengan media CD interaktif, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Metode analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal menunjukkan populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan data berdistribusi normal. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan post test, diketahui bahwa rerata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol yaitu masing-masing sebesar 83,17 dan 69,54. Uji perbedaan dua rerata hasil belajar diperoleh thitung (6,90) > ttabel (1,99), sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antarkelompok. Uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,61 dan thitung (10,66) > ttabel (1,99), sehingga pengaruh yang ditimbulkan signifikan dengan harga koefisien determinasi sebesar 37,6%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dengan media CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam dengan kontribusi sebesar 37,6%. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu dilakukan pengembangan penelitian lebih lanjut mengenai model pembelajaran berdasarkan masalah dengan media CD interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model pembelajaran berdasarkan masalah, CD interaktif, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 07:41
Last Modified: 23 Nov 2011 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9165

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item