Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat ± 200 kpm dengan Teknik Skimming melalui Metode Kalimat pada Siswa Kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak pada Tahun Ajaran 2010


umi fitriyati, 2101406600 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat ± 200 kpm dengan Teknik Skimming melalui Metode Kalimat pada Siswa Kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak pada Tahun Ajaran 2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat ± 200 kpm dengan Teknik Skimming melalui Metode Kalimat pada Siswa Kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak pada Tahun Ajaran 2010] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat ± 200 kpm dengan Teknik Skimming melalui Metode Kalimat pada Siswa Kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak pada Tahun Ajaran 2010) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Fitriyati, Umi. 2010. “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat ± 200 kpm dengan Teknik Skimming melalui Metode Kalimat pada Siswa Kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak pada Tahun Ajaran 2010”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Haryadi, M. Pd., Pembimbing II: Drs. Suparyanto. Kata kunci: keterampilan membaca cepat ± 200 kpm, teknik skimming, dan metode kalimat. Keterampilan membaca cepat merupakan keterampilan membaca secepat mungkin untuk dapat mengetahui seluruh isi buku dalam waktu yang singkat. Hal ini sangat menguntungkan bagi seseorang yang memerlukan banyak informasi, namun tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca. Keterampilan membaca cepat mempunyai peran penting dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pendidik berharap agar siswa mempunyai kecepatan membaca yang memadai. Pemilihan teknik dan metode yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh guru agar tujuan pembelajaran yang dirumuskan dapat dicapai. Rendahnya kemampuan siswa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak dikarenakan faktor internal dan eksternal. Faktor internal ini berasal dari siswanya sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari teknik atau strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat 200 kpm siswa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak, digunakan teknik skimming dan metode kalimat dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca cepat ± 200 kpm setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik skimming melalui metode kalimat pada siswa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siwa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan membaca cepat siswa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik skimming melalui metode kalimat dan perubahan perilaku siswa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak setelah pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan teknik skimming melalui metode kalimat. Penelitian ini merupakan tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII A MTs NU Jogoloyo Demak. Subjek dalam penelitian ini yaitu keterampilan membaca cepat ± 200 kpm pada siswa kelas VII MTs NU Jogoloyo Demak. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik skimming dan metode kalimat. Pengumpulan data pada penelitian ini teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan membaca cepat. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal siswa dan guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan Hasil analisis penelitian dapat disampaikan adanya peningkatan keterampilan membaca cepat ± 200 kpm dengan teknik skimming melalui metode kalimat dari prsiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa sebesar 62,5 dalam kategori cukup, pada siklus I terjadi peningkatan setelah dilakukan tindakan sebesar 68,25 atau 9,2%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas sebesar 79,75 atau 16,8% dalam kategori baik. pembelajaran keterampilan membaca cepat ± 200 kpm dengan teknik skimming melalui metode kalimat ini juga diikuti dengan perubahan perilaku kearah positif. Pada siklus II, siswa terlihat lebih siap dan antusias mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan antara lain : (1) saran Bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia teknik skimming dan metode kalimat dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran membaca cepat ± 200 kpm karena siswa termotivasi dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat; (2) bagi siswa, penggunaan teknik skimming dan metode kalimat dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sebagai teknik dan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran membaca cepat ± 200 kpm; (3) bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian yang serupa dengan teknik pemebelajaran yang berbeda sehingga didapatkan sebagai alternatif teknik pembelajaran membaca cepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca cepat ± 200 kpm, teknik skimming, dan metode kalimat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 07:42
Last Modified: 23 Nov 2011 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9158

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item