PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JAMBU KABUPATEN SEMARANG


Lidya Fita Kusumadewi, 2503406511 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JAMBU KABUPATEN SEMARANG] Microsoft Word (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 JAMBU KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Kusumadewi, Lidya Fita, 2010. Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik Melalui Penggunaan Media Audio Visual Dan Metode Bervariasi Pada Siswa Kelas VII A Di SMP Negeri 1 Jambu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembelajaran seni musik di sekolah bertujuan untuk memperkenalkan siswa terhadap musik daerah yang diharapkan dapat mempengaruhi jiwa dan perilaku anak, Selain itu, siswa diharapkan dapat ikut menjaga, mencintai dan melestarikan kebudayaan bangsa. Namun seiring perkembangan jaman, seni musik daerah semakin ditinggalkan. Siswa menjadi kurang berminat dengan pembelajaran seni musik. Ditambah lagi cara mengajar guru yang kurang menarik, melengkapi alasan siswa untuk mengesampingkan seni musik. Melihat kenyataan itu, penulis tertarik mengkaji permasalahan sebagai berikut: 1) Apakah penggunaan media audio visual dan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jambu? dan 2) Apakah penggunaan media audio visual dan metode bervariasi dapat meningkatkan aktivitas belajar seni musik pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jambu? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII A SMP N 1 Jambu. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakkan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitalif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa media audio visual dan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar seni musik setelah dilakukan tindakan siklus I, 84% siswa mencapai nilai lebih dari atau sama dengan 64. Pada siklus II meningkat menjadi 88%. Selain itu, perubahan perilaku dalam penelitian ini adalah para siswa tampak senang, lebih semangat, aktif mengikuti pembelajaran, antusias dalam bertanya, serta sangat memperhatikan penjelasan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran yaitu (1) Guru hendaknya menggunaan media audio visual dan metode yang bervariasi untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa khususnya seni musik dalam mengapresiasi musik daerah setempat, (2)Sekolah hendaknya mengembangkan penggunaan media audio visual dan metode bervariasi karena bisa memberikan kondisi yang mendukung proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan., (3) Mahasiswa yang menekuni bidang seni musik diharapkan melakukan penelitian dibidang apresiasi musik daerah dari aspek yang lain, sehingga dapat menambah hasil penelitian yang bermakna bagi peneliti-peneliti berikutnya serta ikut melestarikan musik daerah khususnya untuk kalangan siswa SMP Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Metode Bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Metode Bervariasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 07:42
Last Modified: 23 Nov 2011 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9156

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item