ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA


Vivi Kurniawati , 3352404541 (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA) - Published Version
Download (774kB) | Preview

Abstract

Dalam proses go public sebelum saham diperdagangkan dipasar sekunder (bursa efek), terlebih dahulu saham perusahaan yang go public dijual dipasar perdana. Pada sebagian besar penawaran perdana yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2004-2007. Jumlah saham yang mengalami underpricing terus meningkat dari tahun 2004-2007 dan mencapai tingkat tertinggi yaitu pada tahun 2006 yaitu 100%. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar dari perusahaan-perusahaan yang melakukan penawaran perdana pada periode tersebut mengalami underpricing dan perbedaan penelitian terdahulu yang menjadikan permasalahan yang penting untuk diteliti. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO (Initial Public Offering)pada periode 2004-2007. Jumlah populasi sebanyak 44 perusahaan, maka semua populasi dijadikan sampel penelitian, dengan demikian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian populasi tetapi dalam analisis data terdapat data outlier 13 jadi sampel yang digunakan 31 perusahaan. Ada 5 (lima) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: Reputasi underwriter (X1), ROA (Return On Asset) (X2), persentase saham yang ditahan yang ditahan pemegang saham lama (X3), financial leverage (X4), ukuran perusahaan (X5), sebagai variabel independen serta underpricing sebagai variabel dependen. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis diskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh semua variabel tidak berpengaruh simultan dengan nilai Fhitung = 0,415 dengan taraf signifikasi yaitu 0,05, koefisien determinasinya 0,007 atau 0,7% sehingga variabel independen memberikan kontribusi 0,7% terhadap variabel dependen, semua variabel tidak berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Faktor reputasi underwriter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing sehingga faktor ini hendaknya diabaikan dalam pengambilan keputusan investor dalam berinvestasi, dan emiten dapat memilih underwriter tanpa melihat apakah underwriter tersebut bereputasi baik atau tidak baik dalam melakukan IPO karena pada dasrnya semua underwriter memiliki kepentingan yang sama. ROA, Persentase saham yang ditahan pemegang saham lama, Financial Leverage, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing sehingga faktor ini hendaknya diabaikan dalam pengambilan keputusan investor dalam berinvestasi, dan emiten hendaknya memberikan sinyal positif yang lain agar investor tertarik dalam menanamkan modalnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reputasi Underwriter, ROA (Return On Asset), Persentase Saham yang ditahan Pemegang Saham Lama, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, Underpricing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 07:42
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item