APLIKASI METODE PEMBELAJARAN LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI SEKOTA SEMARANG


Herlan Pradipta, 2503406542 (2011) APLIKASI METODE PEMBELAJARAN LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI SEKOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of APLIKASI METODE PEMBELAJARAN  LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI SEKOTA SEMARANG] Microsoft Word (APLIKASI METODE PEMBELAJARAN LAGU DAERAH JAWA TENGAH DI SMP NEGERI SEKOTA SEMARANG) - Published Version
Download (45kB)

Abstract

Herlan, Pradipta. 2010. Aplikasi Metode pembelajaran Lagu Daerah Jawa Tengah di SMP Negeri sekota Semarang, Skripsi Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I:Drs. Bagus Susetya, M. Hum, Pembimbing II: Drs.M. Muttaqin, M. Hum. Pembelajaran musik daerah Jawa Tengah yang direncanakan dengan baik oleh guru, akan berlangsung secara optimal dan efektif jika antara guru dan siswa terdapat komunikasi yang baik. Fasilitas yang diberikan guru kepada siswa yaitu dengan cara memberikan perhatian dan Pelaksanaan metode pembelajaran yang efektif akan mempermudah siswa dalam menerima serta memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari. Oleh karena itu permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : Bagaimana aplikasi dan metode apa sajakah yang digunakan dalam pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di SMP Negeri sekota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di SMP Negeri sekota Semarang. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah : Sebagai acuan bagi guru seni budaya dalam menentukan metode yang tepat dan menarik dalam pembelajaran musik daerah Jawa Tengah. Sebagai masukan bagi mahasiswa jurusan Sendratasik dalam menggunakan metode pada pembelajaran musik daerah Jawa Tengah pada Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 6 Semarang, SMP Negeri 4 Semarang, SMP Negeri 32 Semarang. Sasaran penelitian adalah Aplikasi metode pembelajaran musik daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 6 Semarang, SMP Negeri 4 Semarang, SMP Negeri 32 Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan menyimpulkan sesuai dengan metode deskriptif kualitatif. Aplikasi metode yang dilakukan oleh guru – guru SMP Negeri sekota Semarang masih menggunakan metode yang sama dan tidak ada perubahan sebagai mana mestinya, dari beberapa macam – macam metode seperti metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan, metode diskusi, metode tutor baya. Guru memberikan dan memolih jenis – jenis metode yang tepat agar siswa yang diajar mendapatkan suatu hasil yang maksimal. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru bertindak sebagai fasilitator, kreatifitas, dan penguasaan materi ditekankan pada kemampuan masing – masing siswa. Siswa dapat menyerap materi yang diajarkan guru karena didukung dengan fasilitator yang memadai. Berdasarkan penelitian di atas maka penulis memberikan saran agar pembelajaran musik lagu Daerah Jawa Tengah di SMP Negeri Sekota Semarang selalu dilakukan latihan secara berulang – ulang kali, agar memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 07:43
Last Modified: 23 Nov 2011 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9148

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item