PENGEMBANGAN MATERI AJAR PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS PENGARUH BARAT DAN PERUBAHAN EKONOMI, DEMOGRAFI, DAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL DI KELAS XI IPS SEMESTER 2 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)


HANIK ROSYIDAH, 3101407048 (2011) PENGEMBANGAN MATERI AJAR PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS PENGARUH BARAT DAN PERUBAHAN EKONOMI, DEMOGRAFI, DAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL DI KELAS XI IPS SEMESTER 2 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN MATERI AJAR PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS PENGARUH BARAT DAN PERUBAHAN EKONOMI, DEMOGRAFI, DAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL DI KELAS  XI IPS SEMESTER 2  PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN MATERI AJAR PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS PENGARUH BARAT DAN PERUBAHAN EKONOMI, DEMOGRAFI, DAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL DI KELAS XI IPS SEMESTER 2 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)) - Published Version
Download (61kB) | Preview

Abstract

Pengembangan materi ajar merupakan salah satu bentuk dari penerapan KTSP. Pengembangan materi ajar merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam memenuhi kompetensi dasar yang harus dicapai. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui pengembangan materi ajar sejarah pada pokok bahasan menganalisis pengaruh barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial bagi siswa kelas XI IPS SMA, (2) Implementasi pengembangan materi ajar dengan Kompetensi Dasar menganalisis perkembangan pengaruh barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial pada siswa kelas XI IPS SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang dikembangkan peneliti, guru mata pelajaran, dan dosen ahli. Instrument penelitian ini meliputi : lembar observasi wawancara dengan guru mata pelajaran, Angket kebutuhan guru mata pelajaran, angket penilaian guru mata pelajaran, angket penilaian dosen ahli. Hasil dari penelitian pengembangan materi ajar yang dikemas dalam bentuk modul telah mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hasil penilaian dari dua guru dan dosen ahli sangat memuaskan atau bernilai sebesar 87. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Dalam mengembangkan materi ajar sebaiknya hasil pengembangan materi disusun dalam bentuk bahan ajar sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa dan lebih bisa mengoptimalkan belajar siswa. (2) Dalam penerapan mengembangkan materi ajar disarankan media dan metode yang digunakan dalam proses menyampaikan materi bervariasi yang sesuai dengan keadaan siswa sehingga tercipta suasana yang kondusif dan nyaman bagi siswa untuk menerima materi pelajaran. (3) Pengembangan materi ajar dapat memaksimalkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Godong, maka disarankan agar pengembangan materi dilakukan oleh guru mata pelajaran terutama mata pelajaran sejarah dalam kegiatan belajar mengajar. (4) Perlu diadakan pengembangan lebih lanjut terhadap pengembangan materi ajar pada pokok bahasan menganalisis pengaruh barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di indonesia pada masa kolonial di kelas XI IPS SMA semester II untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, materi ajar, sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 03:17
Last Modified: 23 Nov 2011 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

View Item View Item