Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Materi Ajar Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Kudus
Nanik Mu’yawanah , 7101407105 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Materi Ajar Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Materi Ajar Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Kudus)
- Published Version
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Melihat hasil belajar siswa yang menurun, menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi juga cukup rendah. Media yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini adalah media pembelajaran e-learning (pembelajaran elektronik). Permasalahan ini terkait dengan profil media pembelajaran e-learning yang dibutuhkan oleh guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kudus, desain media pembelajaran e-learning untuk guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kudus, respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran e-learning dan hasil ulangan harian terhadap pengembangan media pembelajaran e- learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana profil, desain, respon siswa dan hasil ulangan harian dengan menggunakan media pembelajaran e-learning . Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Analisis dari penelitian ini adalah angket kebutuhan bagi guru dan siswa, kelayakan media pembelajaran e-learning yaitu penilaian oleh ahli (validator) dengan menggunakan angket uji validitas ahli media dan ahli materi, hasil belajar siswa, respon siswa serta tanggapan oleh guru dengan adanya media pembelajaran e-learning. Dari hasil penelitian validator menyatakan dalam kategori sangat layak sebesar 91,02% dari ahli media dan 90,74% dari ahli materi. Namun ada revisi dari ahli media dan ahli materi berupa penambahan menu petunjuk penggunaan dan pengurangan beberapa materi yang ada. Respon siswa dapat dilihat dari rekapitulasi penggunaan media. Serta hasil ulangan harian meningkat dan rata-rata nilai kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dalam penelitian ini adalah profil dan desain media pembelajaran e-learning sudah baik, respon siswa dengan adanya media pembelajaran e-learning tergolong aktif, dan hasil ulangan harian meningkat. Bagi SMP Negeri 2 Kudus hendaknya lebih melengkapi fasilitas yang telah ada dan dimanfaatkan serta dikembangkan dengan baik oleh guru dan siswa. Bagi guru dan siswa hendaknya dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi dan informatika. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat dilakukan penelitian lebih lanjut khususnya pada produksi masal dan diimplementasikan pada sampel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Learning, Permintaan, Penawaran, Harga Pasar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2011 00:32 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9114 |
Actions (login required)
View Item |