Peningkatan Keterampilan Bermain Peran dengan Teknik Kreatif Dramatik dan Sayembara untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Ajaran 2010/2011


Kurnia Fitriani , 2101407113 (2011) Peningkatan Keterampilan Bermain Peran dengan Teknik Kreatif Dramatik dan Sayembara untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Bermain Peran dengan Teknik Kreatif Dramatik dan Sayembara untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Bermain Peran dengan Teknik Kreatif Dramatik dan Sayembara untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Bermain peran merupakan pembelajaran sastra yang digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Seseorang dikatakan berhasil bermain peran apabila ia mampu memerankan tokoh sesuai dengan karakter dalam naskah drama. Selama ini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang masih merasa kesulitan ketika bermain peran. Kesulitan yang masih dialami siswa kelas XI SMA Negeri Jatibarang Brebes adalah penghayatan seperti ekspresi muka dan gerak-gerik yang sesuai dengan watak tokoh yang terdapat dalam naskah drama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan suatu teknik pembelajaran agar proses pembelajaran lebih maksimal serta siswa dapat menguasai kompetensi yang diajarkan dengan baik. Teknik yang digunakan yaitu teknik kreatif dramatik dan sayembara. Penelitian ini difokuskan kepada keterampilan bermain peran siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang-Brebes. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: (1) bagaimana peningkatan keterampilan bermain peran siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes setelah dilakukan pembelajaran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes dalam mengikuti pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi peningkatan kemampuan bermain peran siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang dan perubahan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes dalam pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitiannya adalah keterampilan bermain peran dan objek penelitiannya adalah kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang-Brebes. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan bermain peran dan teknik kreatif dramatik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 56,2 atau dalam kategori kurang, setelah mengikuti pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara, nilai rata-rata kelas siklus I yaitu 69 atau dengan kategori cukup, terjadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 12,8%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 82,6 atau dalam kategori baik, terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 13,6%. Pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara mampu mengubah perilaku siswa ke arah positif. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam bermain peran kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang-Brebes dapat meningkat setelah dilakukannya pembelajaran bermain peran dengan teknik kreatif dramatik dan sayembara terjadi perubahan perilaku siswa ke arah positif. Saran untuk guru adalah agar guru menggunakan teknik kreatif dramatik dan sayembara sebagai alternatif dalam pembelajaran bermain peran. Saran untuk siswa, siswa diharapkan harus banyak berlatih bermain peran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bermain peran, teknik kreatif dramatik, sayembara.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2011 00:16
Last Modified: 25 Apr 2015 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item