Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Wonosobo Materi Pokok Konsep Reaksi Oksidasi Dan Reduksi.
Awal Rokhmana Kurniawan, 4301406019 (2010) Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Wonosobo Materi Pokok Konsep Reaksi Oksidasi Dan Reduksi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Wonosobo Materi Pokok Konsep Reaksi Oksidasi Dan Reduksi.)
- Published Version
Download (54kB) |
Abstract
Kurniawan, Awal Rokhmana. 2010. Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Wonosobo Materi Pokok Konsep Reaksi Oksidasi Dan Reduksi. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Saptorini, M.Pi, Pembimbing II: Dra. Titi Wahyukaeni S, M.Pd. Kata kunci: pendidikan, hasil belajar, metode eksperimen berbasis lingkungan. Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan sendiri untuk membuktikan teori yang telah diperoleh di kelas. Meskipun demikian ketidaktersediaan alat dan bahan yang ada di laboratorium kadangkala dijadikan alasan vakumnya kegiatan laboratorium. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan alat ataupun bahan kimia yang ada di lingkungan sekitar sebagai pengganti alat dan bahan kimia yang biasa ada di laboratorium. Metode ini dikenal dengan metode ekperimen berbasis lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen berbasis lingkungan terhadap hasil belajar kimia peserta didik SMA N 1 Wonosobo pada materi pokok konsep reaksi oksidasi dan reduksi. Seluruh siswa kelas X SMA N 1 Wonosobo tahun pelajaran 2009/2010 merupakan populasi penelitian ini. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas X4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X5 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan berbagai cara yaitu, dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,76, sedangkan kelas kontrol 73,01. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen berbasis lingkungan terhadap hasil belajar kimia redoks siswa yang ditunjukkan dengan angka korelasi 0,492. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode ekeperimen berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi pokok konsep redoks siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosobo dengan kontribusi 24,23%. Saran penelitian ini adalah diharapkan guru dapat menerapkan metode ini sebagai variasi dala pembelajaran, selain itu hendaknya guru juga memberikan demonstrasi ataupun penjelasan bagaimana jika eksperimen dilakukan dengan menggunakan bahan yang ada di laboratorium
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, hasil belajar, metode eksperimen berbasis lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 3264 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2011 00:17 |
Last Modified: | 23 Nov 2011 00:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9102 |
Actions (login required)
View Item |