Pengaruh Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Partisipasi Anggota KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap


Lintang Wisnu Aji, 3301403037 (2010) Pengaruh Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Partisipasi Anggota KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Partisipasi Anggota KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap] Microsoft Word (Pengaruh Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Partisipasi Anggota KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Aji, Lintang Wisnu. 2010. “Pengaruh Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Partisipasi Anggota KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Rusdarti, M. Si dan Dosen Pembimbing II Drs. FX Sukardi Kata kunci: Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha dan Partisipasi Anggota. KUD Mino Saroyo merupakan koperasi yang beranggotakan para nelayan yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidup anggota sehari-hari dan kebutuhan melautnya. Pentingnya partisipasi anggota koperasi sebagai faktor pendukung kemajuan koperasi adalah hal yang menjadi latar belakang penelitian ini. Faktor yang berpengaruh terhadap pertisipasi anggota disebabkan oleh keterampilan manajerial koperasi, kualitas pelayanan dan lokasi usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap yang berjumlah 8.395 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling dan diperoleh 100 orang sebagai responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Keterampilan Manajerial (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Lokasi Usaha (X3) dan Partisipasi Anggota (Y). Analisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ada pengaruh signifikan pelayanan, motivasi berkoperasi dan lokasi usaha terhadap partisipasi anggota dilihat dari hasil analisis data uji F diperoleh Fhitung sebesar 27,198 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,459 yang berarti secara bersama-sama berpengaruh sebesar 45,9%. Secara parsial ada pengaruh signifikan keterampilan manajerial terhadap partisipasi anggota sebesar 10,37%. Secara parsial ada pengaruh signifikan kualitas terhadap partisipasi anggota sebesar 18,66%. Secara parsial ada pengaruh signifikan lokasi usaha terhadap partisipasi anggota sebesar 6,15%. Saran yang dapat peneliti berikan kepada KUD Mino Saroyo yaitu perlunya memberikan pelayanan yang lebih baik khususnya pada aspek keandalan, keterjaminan, empati dan keberwujudan fisik yang dirasakan anggota belum memadai. Selain itu KUD Mino Saroyo juga perlu meninjau ulang keberadaan lokasi usaha yang dimiliki koperasi yang keberadaannya masih jauh dari tempat tinggal seluruh anggota dengan membangun cabang-cabang usaha yang keberadaannya lebih dekat dengan tempat tinggal anggota agar para anggota dapat lebih optimal dalam memanfaatkan berbagai jenis usaha yang dijalankan koperasi..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha dan Partisipasi Anggota.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 00:17
Last Modified: 23 Nov 2011 00:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item