IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS DI SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010


DYAH MEITASARI, 3301405182 (2011) IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS DI SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS  DI SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010] Microsoft Word (IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS DI SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (47kB)

Abstract

Meitasari, Dyah .2011. Implementasi Sistem Pembelajaran moving class di SMA Negeri 3 Wonogiri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Koperasi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si, Pembimbing II: Drs. Fx. Sukardi. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Moving class. Moving class adalah sistem pembelajaran yang bercirikan siswa yang mendatangi guru dikelas. Sejak ditunjuk Pemerintah untuk melaksanakan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri, SMA Negeri 3 wonogiri harus melaksanakan program yang berkaitan dengan RSKM salah satunya yaitu dengan menerapkan moving class. konsep moving class ini masih hal yang baru dalam sistem pembelajaran nasional karena itu perlu dilihat bagaimanakah pelaksanaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana implementasi sistem pembelajaran moving class di SMA Negeri 3 Wonogiri? 2. adakah hambatan atau kendala yang dihadapi SMA Negeri 3 Wonogiri dalam pelaksanaan moving class? 3. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan atau kendala ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi sistem pembelajaran moving class di SMA Negeri 3 Wonogiri (2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh SMA Negeri 3 Wonogiri (3) Untuk mengetahui oleh upaya untuk mengatasinya hambatan implementasi moving class di SMA Negeri 3 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini memfokuskan pada satu pemecahan masalah yakni implementasi sistem pembelajaran moving class di SMA Negeri 3 Wonogiri yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang diamati secara langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumen. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan dan dianalisis maka hasil penelitian sebagai berikut : Implementasi moving class di SMA Negeri 3 Wonogiri secara umum sudah baik, tetapi masih membutuhkan perbaikan agar tujuan pembelajaran yang berkualitas dapat tercapai, masih ditemukan hambatan seperti ruangan kelas belum sesuai karakteristik mata pelajaran, sekolah belum menyediakan loker untuk menyimpan tas siswa, masih kurangnya kerapian dan kebersihan kelas, belum ditetapkannya peraturan batasan waktu dalam perpindahan kelas. Untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan moving class, sekolah akan mendesain ruangan kelas sesuai karakteristik mata pelajaran, sekolah akan menyediakan loker untuk menyimpan tas siswa, sekolah akan membuat adanya satu kelas sebagai tanggung jawab siswa dan peraturan dari sekolah dan menggunakan tenaga cleaning service, sekolah akan memperbaiki pembuatan jadwal perpindahan agar tidak terlalu jauh jaraknya . Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu : (1). Kepada Sekolah, (a). Sekolah diharapkan mampu memenuhi semua fasilitas yang diperlukan dalam pembelajaran moving class. (b). Sekolah diharapkan mampu menyusun jadwal dengan baik, agar perpindahan kelas tidak terlalu jauh sehingga waktu pembelajaran dapat berjalan efektif. (2). Kepada Guru (a). Guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi dengan berbagai metode agar siswa juga menjadi aktif dan kreatif. (b). Guru diharapkan bisa mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran ICT yang ada agar siswa termotivasi untuk belajar. (3). Kepada Siswa (a). Siswa lebih meningkatkan tanggungjawab atas kebersihan kelas, agar tidak menggunakan waktu perpindahan untuk membersihkan kelas terlebih dahulu. (b). Meningkatkan kedisiplinan saat perpindahan kelas dengan cara langsung menuju kelas berikutnya, agar tidak mengurangi waktu kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Moving class.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2011 00:19
Last Modified: 23 Nov 2011 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9084

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item