(ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG


Aulia Rosyidah , 4201406577 (2011) (ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)  DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII  DI SMP NEGERI 14 SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG) - Published Version
Download (44kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal, hasil belajar siswa di SMP Negeri 14 Semarang kurang dari KKM dan sikap siswa di sekolah cenderung pasif dalam menerima pelajaran. Situasi tersebut mungkin terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus. Lokasi penelitian di SMP Negeri 14 Semarang oleh siswa kelas VIII D sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan tiap siklus. Ketuntasan hasil belajar siklus I 68,75%, siklus II 71,88%, dan siklus III 87,50%. Ketuntasan afektif siswa siklus I 65,26%, siklus II 79,70%, dan siklus III 92,20%. Ketuntasan psikomotorik siswa siklus I 47,90%, siklus II 64,10%, dan siklus III 83,60%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya dapat membantu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions, Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2011 04:48
Last Modified: 22 Nov 2011 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9080

Actions (login required)

View Item View Item