Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran

Dewi Rafika Sari , 4101407056 (2011) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMP Negeri 3 Ungaran) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point memudahkan peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep serta memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi persegi panjang dan persegi. Model PBL juga efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan rasa percaya diri atas kemampuannya sendiri. Oleh karena itu, diharapkan adanya pengaruh antara kepercayaan diri dan aktivitas belajar dalam penerapan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kepercayaan diri dan aktivitas belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik (2) persentase pengaruh kepercayaan diri dan aktivitas belajar matematika dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran sebanyak 168 peserta didik, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII I sebanyak 34 peserta didik. Pembelajaran matematika pada kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan LKPD dan slide show power point. Pada perhitungan koefisien korelasi ganda diperoleh melalui regresi . Jadi, terdapat pengaruh positif antara kepercayaan diri dan aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, sedangkan pada perhitungan koefisien determinasi diperoleh melalui regresi . Jadi, presentase variansi kepercayaan diri dan aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar . Saran yang diberikan yaitu hendaknya guru matematika SMP Negeri 3 Ungaran dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan aktivitas belajar peserta didik seperti model PBL agar pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat semakin optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, aktivitas belajar, PBL, kemampuan pemecahan masalah.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 21 Nov 2011 20:14
    Last Modified: 21 Nov 2011 20:14

    Actions (login required)

    View Item