Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi dengan Pendekatan Kontekstual melalui Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem Kabupaten Brebes


Cumriah , 2101407162 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi dengan Pendekatan Kontekstual melalui Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi dengan Pendekatan Kontekstual melalui Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem Kabupaten Brebes]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi dengan Pendekatan Kontekstual melalui Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem masih rendah dan perlu ditingkatkan. Rendahnya kemampuan menulis karangan persuasi disebabkan oleh pemilihan teknik dan pendekatan yang kurang sesuai, serta penggunaan media yang kurang menarik dan kurang memacu daya imajinasi siswa untuk menulis. Selain itu, guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk membimbing siswa dalam menguasai keterampilan menulis karangan persuasi. Faktor lain juga datang dari siswa itu sendiri. Semangat dan antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran menulis karangan persuasi cenderung masih belum terlihat, serta terbatasnya pengetahuan dan pengalaman siswa dalam menulis karangan persuasi menyebabkan minimnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Pemilihan pendekatan dan media yang tepat diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem?, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem setelah melaksanakan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat?, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem setelah melaksanakan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem setelah melaksanakan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem setelah melaksanakan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan persuasi siswa SMA kelas X. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem Kabupaten Brebes yang berjumlah 42 siswa, terdiri atas 16 putra dan 26 putri. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis karangan persuasi dan variabel penggunaan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian berupa tes menulis karangan persuasi, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui deskripsi perilaku ekologis, catatan harian guru dan siswa, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 62,38 dan berada dalam kategori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 3,14 atau 5,03% menjadi sebesar 65,52 dan masih berada dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan menulis karangan persuasi meningkat sebesar 11,84 atau 11,07% menjadi sebesar 77,36 dan berada dalam kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih mampu bekerja sama dengan teman dalam diskusi kelompok, lebih sopan dan tertib dalam mengikuti pembelajaran, serta lebih bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Salem dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan model pembelajaran menulis karangan persuasi dengan pendekatan kontekstual melalui media iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. Penerapan model tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis karangan persuasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan persuasi, pendekatan kontekstual, media iklan layanan masyarakat.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2011 00:35
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9064

Actions (login required)

View Item View Item