Keefektifan Penggunaan Media Ulead dan Media Wayang Dongeng dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas VII SMP


Sandra Novita Sari , 2101407189 (2011) Keefektifan Penggunaan Media Ulead dan Media Wayang Dongeng dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Ulead dan Media Wayang Dongeng dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas VII SMP]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Media Ulead dan Media Wayang Dongeng dengan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas VII SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak adalah keterampilan yang pertama harus dikuasai sebelum keterampilan berbahasa yang lain. Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, keterampilan menyimak masih dianggap remeh karena metode dan media yang digunakan guru kurang variatif sehingga siswa menjadi bosan dan tidak bersemangat dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kiranya perlu variasi media pembelajaran menyimak dongeng, dengan melakukan penelitian eksperimen mengenai media pembelajaran menyimak dongeng, serta mengujicobakan dua media untuk mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran menyimak dongeng. Dua media yang akan diujicobakan adalah media ulead dan media wayang dongeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan penggunaan media ulead?, (2) bagaimana keefektifan penggunaan media wayang dongeng?, dan (3) bagaimana perbedaan keefektifan penggunaan media ulead dan media wayang dongeng? Tujuan penelitian eksperimen ini adalah (1) membuktikan keefektifan penggunaan media ulead, (2) membuktikan keefektifan penggunaan media wayang dongeng, dan (3) membuktikan media manakah yang efektif digunakan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen The Randomized Pretest- Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP se-Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 13 Semarang dan siswa kelas VII F SMP N 18 Semarang dan jumlah 32 siswa yang dipilih berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel penggunaan media ulead dan wayang dongeng untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dan variabel menyimak dongeng dengan metode resitasi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian, sedangkan observasi dan dokumentasi diterapkan pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa pada pretes kelas eksperimen, yaitu sebesar 73,31 dan pada kelas kontrol sebesar 69,39. Setelah diberi perlakuan dengan dua media, hasil pembelajaran meningkat. Pada kelas eksperimen meningkat menjadi 76,59 dan pada kelas kontrol menjadi 70,66. Hasil postes kedua kelas meningkat, hanya saja hasil postes kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, sehingga media yang efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak dongeng dengan media resitasi adalah media ulead . Selain itu, dari hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih terfokus terhadap penjelasan guru dan berdisiplin dalam tugas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ulead lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak dongeng daripada media wayang dongeng. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan media ulead dalam pembelajaran menyimak dongeng. Penerapan media tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menyimak dongeng.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak dongeng, media ulead, media wayang dongeng, metode resitasi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2011 00:32
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item