Pengaruh Prestasi Belajar Mata kuliah Perilaku Berkarya dan Keahlian Berkarya terhadap Prestasi Belajar PPL dengan Minat Menjadi Guru sebagai Variabel Moderating


Rizky Rezza Utami , 7101407047 (2011) Pengaruh Prestasi Belajar Mata kuliah Perilaku Berkarya dan Keahlian Berkarya terhadap Prestasi Belajar PPL dengan Minat Menjadi Guru sebagai Variabel Moderating. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Prestasi Belajar Mata kuliah Perilaku Berkarya dan Keahlian Berkarya terhadap Prestasi Belajar PPL dengan Minat Menjadi Guru sebagai Variabel Moderating]
Preview
PDF (Pengaruh Prestasi Belajar Mata kuliah Perilaku Berkarya dan Keahlian Berkarya terhadap Prestasi Belajar PPL dengan Minat Menjadi Guru sebagai Variabel Moderating) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar PPL dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar PPL adalah prestasi belajar Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), prestasi belajar Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan minat menjadi guru. Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa tidak sedikit prestasi belajar PPL mahasiswa yang belum maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah minat menjadi guru memoderasi hubungan antara prestasi belajar MPB maupun hubungan antara prestasi belajar MKB terhadap prestasi belajar PPL. Populasi dalam penelitian berjumlah 115 mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FE Unnes angkatan 2007 yang telah mengikuti PPL. Teknik pengambilan sampel dengan metode propotional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda dengan variabel moderating menggunakan uji selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat menjadi guru dalam kategori sedang. Nilai probabilitas variabel AbsX1_X3 maupun variabel AbsX2_X3 jauh di atas taraf signifikan, artinya minat menjadi guru dalam model penelitian ini tidak terbukti sebagai variabel moderating. Berdasarkan hasil penelitian maka variabel minat menjadi guru dikatakan tidak memperkuat ataupun memperlemah hubungan antara prestasi belajar MPB maupun prestasi belajar MKB terhadap prestasi belajar PPL Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat menjadi guru tidak memoderasi hubungan antara prestasi belajar MPB maupun prestasi belajar MKB terhadap prestasi belajar PPL. Saran yang dapat dikemukakan adalah minat menjadi guru hendaknya disertai dengan usaha dan tindakan yang mampu mendorong mahasiswa untuk lebih giat belajar pada Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar PPL. Disarankan pula UNNES hendaknya menambahkan mata kuliah Profesi Kependidikan kepada mahasiswa program kependidikan sehingga mahasiswa mampu meningkatkan minatnya menjadi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Mata kuliah Perilaku Berkarya, Mata kuliah Keahlian Berkarya, Minat Menjadi Guru, PPL.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2011 00:23
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item View Item