Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011


Anung Anindita , 7101406504 (2011) Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern (motivasi) dan ekstern (kompetensi professional guru, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga). Permasalahan yang dikaji adalah apakah ada pengaruh, kompetensi professional guru, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi siswa kelas XII IPS SMAN 12 Semarang, apakah ada pengaruh motivasi, kompetensi professional guru, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 12 Semarang. Tujuan dilakukan penelitian mengetahui pengaruh kompetensi professional guru, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMAN 12 Semarang, mengetahui adanya pengaruh motivasi, kompetensi professional guru, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAN 12 Semarang. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XII IPS SMAN 12 Semarang, tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 126 siswa, yang dijadikan unit analisis. Variabel endogen yaitu hasil belajar dan eksogen meliputi motivasi, kompetensi professional guru, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga. Metode pengumpulan data: dokumentasi, angket, wawancara. Metode analisis data yaitu analisis data dan interpretasi skor, analisis konfirmatori, analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan uji asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers. Hasil penelitian menjunjukan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh terhadap motivasi. Lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi. Motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar. kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap hasil belajar. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar. Sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Kepada sekolah hendaknya dapat menerapkan tata tertib yang tegas dalam menangani siswa, sehingga sikap disiplin akan terbentuk pada diri siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapainya. kepada orang tua diharapkan dapat membantu putranya dalam meningkatkan hasil belajar, dengan memberikan pengertian kepada anak untuk selalu giat belajar, memberikan fasilitas-fasilitas yang di butuhkan anak dalam belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2011 00:17
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9060

Actions (login required)

View Item View Item