PENGARUH DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Agung Prayoga , 3301404183 (2009) PENGARUH DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Disiplin adalah suatu tata tertib yang memberikan tatanan kehidupan pribadi dan kelompok. Disiplin timbul dari dalam jiwa, karena adanya dorongan untuk menaati tata tertib tersebut. Dalam belajar disiplin sangat diperlukan karena disiplin melahirkan semangat menghargai waktu, bukan menyianyiakan waktu berlalu dalam kehampaan (Djamarah, 2002:67). Disiplin belajar adalah sikap yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai individu ketaatan dan ketentuan berdasarkan acuan nilai moral individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang mencakup perubahan berpikir, sikap, dan tindakan yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan seseorang dalam belajar secara konsisten dan konsekuen dalam usaha untuk mendapatkan kepandaian ilmu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah disiplin siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang yang tinggi tetapi tidak diikuti prestasi belajar yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah angka ketuntasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang yang berjumlah 170 siswa, dan diambil sampel 64 Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif persentase, dan metode regresi linier sederhana dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar dilakukan secara parsial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan ada pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang, dan besarnya pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar adalah 15.50 %. Saran yang diajukan kepada SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Diharapkan guru dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran serta menggunakan metode pengajaran yang baru, agar siswa lebih tertarik dan mau belajar lebih baik khususnya mata pelajaran ekonomi. Diharapkan siswa dapat meningkatkan belajar, di rumah maupun di sekolah agar memperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 07:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item