Keefektifan Penggunaan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X pada Materi Pembentukan Harga Pasar di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2008/2009

Evi Oktavia Kusumawati , 3301404031 (2009) Keefektifan Penggunaan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X pada Materi Pembentukan Harga Pasar di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Keefektifan Penggunaan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X pada Materi Pembentukan Harga Pasar di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2008/2009) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Dalam pembelajaran konvensional, diketahui bahwa jalannya proses pembelajaran masih belum efektif, ini terlihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran yang masih kurang, sebagian besar siswa hanya diam dan mendengarkan penjelasan dari guru, kemudian mencatat penjelasan guru tersebut sehingga tidak diketahui apakah siswa telah memahami keseluruhan isi materi yang telah diajarkan. Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka seorang pendidik harus mempertimbangkan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif, yang mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam penguasaan konsep materi sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi siswa dan sekolah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam belajar adalah metode kooperatif tipe think pair share yang merupakan metode pembelajaran yang mengedepankan pola berpikir secara kelompok dan berbagi dengan seluruh kelas, dan metode penugasan merupakan pembelajaran yang memberikan penugasan secara mandiri kepada siswa. Dalam observasi awal diketahui bahwa KKM sekolah untuk mata pelajaran ekonomi adalah 6,5 dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 2 Cepu masih tergolong rendah dengan rata-rata nilai kurang dari 6,5. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik terhadap proses belajar mengajar ekonomi yang hanya berupa hafalan. Partisipasi aktif siswa belum diberdayakan secara optimal. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu digunakan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan metode penugasan jika diterapkan di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora? 2) Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih efektif daripada metode penugasan jika diterapkan di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Mendeskripikan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan metode penugasan jika diterapkan di SMA Negeri 2 Cepu Kabupaten Blora, 2) Menganalisis keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share daripada metode penugasan jika diterapkan di SMA Negeri 2 Cepu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Cepu Tahun Pelajaran 2008/2009, terbagi menjadi 6 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh kelas X-D sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas X-F sebagai kelas eksperimen 2. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar ekonomi siswa pada materi pembentukan harga pasar, metode think pair share dan metode penugasan. Data diambil dengan tes dan di analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 1 (kooperatif think pair share) sebesar 72,30 yang sebelumnya nilai pretest sebesar 44,00. Pada kelompok eksperimen 2 (penugasan) diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 66,08 yang sebelumnya dengan nilai petest sebesar 43,83. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 3,498 > ttabel = 1,99, yang berarti penggunaan metode pembelajaran kooperatif think pair share lebih efektif daripada metode penugasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa lebih tinggi karena siswa lebih mendapatkan pengalaman langsung. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif daripada metode penugasan. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran menggunakan metode think pair share lebih ditekan pada belajar mandiri, bekerjasama dalam kelompok dan presentasi sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada metode penugasan siswa hanya dituntut menyelesaikan masalah baik secara individu atau kelompok. Proses pembelajaran ini lebih menitikberatkan guru sebagai motivator agar siswa mau mengerjakan tugasnya, guru dapat menerapkan pembelajaran dengan metode think pair share serta mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran. Disarankan kepada guru dapat memvariasikan metode think pair share dengan metode lainnya sehingga diperoleh metode yang lebih sesuai karakteristik materi dan kondisi siswa. Penelitian ini hanya sebatas menganalisis keefektifan metode think pair share yang dibandingkan dengan metode lain non kooperatif yaitu metode penugasan, sedangkan metode kooperatif terdapat bermacam-macam tipe seperti Jigsaw, STAD, Think Pair Share, NHT dan sebagainya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan membandingkan hasil belajar dengan penerapan tipe-tipe pembelajaran kooperatif tersebut

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kooperatif Think Pair Share, Penugasan, Hasil Belajar.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Apr 2011 03:10
    Last Modified: 04 Apr 2011 03:10

    Actions (login required)

    View Item