(ABSTRAK) Kesalahan Ejaan dalam buku teks bahasa Jawa Damar (Dlancang Gladhen lan Materi Ringkes) SMA Semester Genap Kelas XI Terbitan Pinus Tahun 2010


Ari Yulianti, 2102406674 (2010) (ABSTRAK) Kesalahan Ejaan dalam buku teks bahasa Jawa Damar (Dlancang Gladhen lan Materi Ringkes) SMA Semester Genap Kelas XI Terbitan Pinus Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Kesalahan Ejaan dalam buku teks bahasa Jawa Damar (Dlancang Gladhen lan Materi Ringkes) SMA Semester Genap Kelas XI Terbitan Pinus Tahun 2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Kesalahan Ejaan dalam buku teks bahasa Jawa Damar (Dlancang Gladhen lan Materi Ringkes) SMA Semester Genap Kelas XI Terbitan Pinus Tahun 2010) - Published Version
Download (185kB) | Preview

Abstract

Ejaan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam penulisan buku teks. Penulisan ejaan yang benar bertujuan agar buku tersebut mudah dipahami oleh guru dan siswa. Namun, pada kenyataannya para penulis atau penerbit sering melakukan kesalahan dalam penulisan terutama kesalahan ejaan. Dalam buku teks Damar tersebut banyak terdapat kesalahan ejaan. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada kesalahan ejaan pada buku tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) kesalahan ejaan apa sajakah yang terdapat dalam buku teks bahasa Jawa tersebut, dan (2) bagaimana perbaikan kesalahan tersebut sesuai dengan EYD bahasa Jawa. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui kesalahan ejaan yang terdapat dalam buku teks tersebut dan menentukan bagaimana perbaikan kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks bahasa Jawa Damar SMA Semester Genap Kelas XI Terbitan Pinus Tahun 2010. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat, kemudian analisis datanya menggunakan teknik pilah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 18 kesalahan ejaan yaitu meliputi kesalahan penulisan huruf vokal, kesalahan penulisan huruf konsonan, kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan penulisan huruf tebal, kesalahan penulisan kata dasar, kesalahan penulisan kata turunan, kesalahan penulisan kata ulang, kesalahan penulisan angka dan lambang bilangan, kesalahan penggunaan tanda baca titik, kesalahan penggunaan tanda koma, kesalahan penggunaan tanda titik dua, kesalahan penggunaan tanda elipsis, kesalahan penggunaan tanda tanya, kesalahan penggunaan tanda seru, kesalahan penulisan tanda kurung, kesalahan penulisan tanda petik rangkap, dan kesalahan penulisan tanda garis miring. Kesalahan-kesalahan tersebut sudah ditentukan perbaikannya sesuai dengan EYD bahasa Jawa. Berdasarkan hasil penelitian penerbit dan penulis buku hendaknya memperhatikan setiap tulisan pada buku yang akan diterbitkan. Guru hendaknya selektif dalam memilih buku teks yang akan digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ejaan, buku teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 21 Nov 2011 07:14
Last Modified: 21 Nov 2011 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9045

Actions (login required)

View Item View Item