Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika.


Muhammad Dwi Fakhrudin, 4201405541 (2009) Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika.]
Preview
PDF (Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika.) - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Motivasi dan konsentrasi belajar peserta didik cenderung fluktuatif, sehingga performance dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi sangat penting. Jika motivasi dan konsentrasi peserta didik menurun, proses pembelajaran yang dilakukan ditakutkan tidak akan maksimal dan memungkinkan terjadinya miskonsepsi. Hasil observasi menyatakan bahwa penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa hampir pasti terjadi di setiap proses kegiatan pembelajaran, karena pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan yang menempatkan siswa sebagai penerima informasi dapat meminimalkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Perubahan pendekatan dan pola pembelajaran yang kurang lazim bagi peserta didik ternyata mempengaruhi aktivitas pembelajaran dan mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Oleh karena itu, metode make a match dapat menjadi salah satu alternatif metode dalam kegiatan pembelajaran, untuk mencegah penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode make a match pada kegiatan pembelajaran fisika dalam mencegah penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa, serta pengaruh terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2008/2009, dengan desain penelitian true experimental design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan dua kelas tersebut dilakukan secara acak, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Faktor yang diteliti adalah motivasi dan konsentrasi belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan penelitian, serta hasil belajar siswa yang mencakup penguasaan materi pokok bahasan yang diajarkan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata perubahan kondisi motivasi, konsentrasi belajar dan penguasaan materi siswa sebelum dan sesudah tindakan penelitian pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata lebih baik daripada kelas kontrol. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode make a match dapat mencegah penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran fisika, serta dapat meningkatkan kemampuan penguasaan materi pokok bahasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Apr 2011 07:24
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item