Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Resensi Buku dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SMA


Evi Widyowati , 2101407086 (2011) Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Resensi Buku dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Resensi Buku dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SMA]
Preview
PDF (Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Resensi Buku dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SMA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring tuntutan perkembangan zaman, siswa dituntut menguasai keterampilan menulis praktis. Melihat kebutuhan tersebut, berbagai upaya perlu dilakukan untuk memperbaiki kemampuan menulis siswa, salah satunya dengan menciptakan buku pengayaan bagi siswa. Pada umumnya buku menulis resensi buku yang telah ada mempunyai beberapa kelemahan, misalnya tidak sesuai dengan kurikulum, terlalu teoretis, tidak sesuai dengan keterbacaan siswa, tidak mengandung panduan membuat resensi secara baik, dan tidak disusun berdasarkan urutan keterampilan. Beberapa kekurangan tersebut menjadi alasan pentingnya buku pengayaan menulis resensi buku bagi siswa SMA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA, (2) bagaimanakah prinsip pengembangan buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA, (3) bagaimanakah prototipe buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA, dan (4) bagaimanakah penilaian serta perbaikan prototipe buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA. Sementara itu, tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengetahui bagaimana kebutuhan siswa dan guru akan buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA, (2) mengetahui prinsip pengembangan buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA, (3) dibuatnya prototipe buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA, dan (4) mengetahui penilaian serta perbaikan buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang meliputi beberapa tahap, yaitu (1) pendefinisian tujuan produk dan analisis kebutuhan, (2) awal pengembangan produk, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Fokus penelitian ini adalah prototipe buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru. Sumber data kebutuhan buku berasal dari guru dan siswa, sedangkan sumber data validasi berasal dari ahli dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Hasil analisis kebutuhan terhadap buku pengayaan, yaitu (1) siswa dan guru membutuhkan buku pendamping pembelajaran, (2) kebutuhan materi meresensi buku mencakup materi teoretis dan contoh, (3) kebutuhan struktur penyajian mencakup petunjuk penggunaan buku, ilustrasi/gambar, simpulan, rangkuman, latihan, (4) kebutuhan bahasa dan keterbacaan mencakup penjelasan materi dari berbagai sumber, ragam bahasa formal namun santai/longgar, pemakaian kalimat bervariasi, (5) kebutuhan aspek grafika mencakup judul buku Mahir Meresensi Buku, buku berukuran sedang dengan tebal antara 120 s.d 150 halaman, tulisan menggunakan huruf calibri berkuran 11, sampul buku berwarna dan bergambar, pemilihan gambar animasi/kartun, dan (6) kebutuhan pendekatan kontekstual dalam buku mencakup tugas kolaboratif, pemodelan, dan tugas berbasis produk. Prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis resensi buku yaitu (1) materi buku meliputi pengertian, tujuan penulisan, sistematika, langkah, teknik, dan jenis resensi buku, (2) dimensi anatomi buku terdiri atas anatomi umum berupa pendahuluan, isi, penutup dan anatomi tiap bab berupa judul, kalimat motivasi, uraian materi dan contoh, simpulan, latihan dan tugas, refleksi, (3) bahasa singkat dan padat dengan ragam yang formal namun santai, (4) fisik buku berupa buku dengan ukuran sedang, tebal 120-150 halaman, menggunakan huruf calibri berukuran 11, dan menggunakan sampul bergambar dan berwarna cerah dengan pemilihan gambar animasi/kartun, (5) buku berjudul mahir meresensi buku untuk siswa SMA, dan (6) dimensi kontekstual yang terlihat pada struktur penyajian buku, pertanyaan terbuka, tugas kolaboratif, pemodelan, refleksi pada tiap bab, tugas berbasis produk. Penilaian yang didapatkan dari guru dan ahli, yaitu (1) dimensi fisik 88,15 dengan kategori sangat baik; (2) dimensi isi 88 dengan kategori sangat baik; (3) dimensi penyajian materi 87,5 dengan kategori sangat baik; (4) dimensi bahasa dan keterbacaan 85,4 dengan kategori sangat baik; dan (5) dimensi muatan kontekstual 84,36 dengan kategori baik. Perbaikanperbaikan yang dilakukan yaitu (1) perubahan warna, gambar, dan jenis tulisan pada sampul buku; (2) perubahan warna tema buku; (3) penyesuaian contoh resensi dengan buku-buku yang lebih relevan dengan usia siswa SMA; dan (4) perbaikan struktur dan penulisan kalimat. Simpulan penelitian ini adalah siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual dan prinsip pengembangan buku pengayaan yang dibuat peneliti sudah sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, meskipun masih harus ada beberapa perbaikan. Saran yang direkomendasikan, yaitu (1) bagi siswa, hendaknya menggunakan buku pengayaan meresensi buku sebagai buku penunjang belajar, (2) bagi guru, hendaknya menggunakan buku pengayaan meresensi buku untuk kegiatan pengayaan dan ekstrakurikuler menulis, (3) bagi para pemerhati pendidikan, hendaknya memberi perhatian yang lebih besar pada keberadaan buku-buku pengayaan keterampilan menulis, dan (4) bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan menulis resensi buku dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, resensi buku, pendekatan kontekstual, dan buku pengayaan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2011 03:26
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item