Pengaruh Tripusat Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011
Agung Nugroho, 3201407003 (2011) Pengaruh Tripusat Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Tripusat Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar di sekolah melalui tes atau evaluasi yang diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Faktor tersebut diantaranya adalah tripusat pendidikan yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011? 2) Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011? 3) Adakah pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011? 4) Adakah pengaruh tripusat pendidikan terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011. 2) Mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011. 3) Mengetahui pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011. 4) Mengetahui pengaruh tripusat pendidikan terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 315 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 61 siswa dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah an lingkungan masyarakat dan hasil belajar mata pelajaran geografi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase, uji normalitas dan asumsi klasik kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji parsial. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kondisi lingkungan keluarga siswa dalam kondisi baik, lingkungan sekolah siswa dalam kondisi cukup baik dan lingkungan masyarakat siswa dalam kategori baik. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 22,5 + 0,575X1 + 0,368X2 + 0,647X3. Hasil uji F, diperoleh F hitung = 28,237 > 3,156 (nilai F tabel = 3,156) dan sig = 0,000 < 5 % ini berarti variabel independen lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat secara simultan benar-benar berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen hasil belajar geografi maka hipotesis peneliti diterima. Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari variabel bebas lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap variabel dependen hasil belajar geografi sebesar 57,7%. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi secara parsial diperoleh besarnya pengaruh variabel lingkungan keluarga terhadap hasil belajar geografi adalah 15,6%. Besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar geografi adalah 23,6% dan besarnya pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar geografi adalah 14,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara tripusat pendidikan terhadap hasil belajar mata pelajaran siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Saran kepada siswa yaitu agar bisa memanfaatkan lingkungan pendidikan sebaik-baiknya agar memperoleh hasil belajar Geografi yang baik. Saran kepada keluarga, pendidik dan masyarakat yaitu agar lebih memperhatikan hasil belajar Geografi karena proses pendidikan berlangsung pada tiga lingkungan tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tripusat Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat, Hasil Belajar. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Nov 2011 03:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9026 |
Actions (login required)
View Item |