Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Teknik Kata Kunci dan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan


Arlis Muryani, 2101406079 (2010) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Teknik Kata Kunci dan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Teknik Kata Kunci dan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Teknik Kata Kunci dan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan.) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

i SARI Muryani, Arlis. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Teknik Kata Kunci dan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1: Drs. Wagiran, M. Hum., Pembimbing II: Drs. Mukh. Doyin, M.Si. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan deskripsi, teknik kata kunci, dan media objek langsung. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa Kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih fokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Faktor lain adalah kurangnya perbendaharaan kosakata yang dikuasai siswa, siswa belum bisa memaksimalkan pancaindra dalam menulis karangan deskripsi, dan minat siswa dalam berlatih masih rendah. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi itu merupakan pembelajaran yang sulit dan membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 7 Wirosari Kabupaten Grobogan setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan teknik kata kunci dan media objek langsung dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 7 Wirosari Kabupaten Grobogan setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan teknik kata kunci dan media objek langsung pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 7 Wirosari Kabupaten Grobogan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan teknik kata kunci dan media objek langsung, dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 7 Wirosari Kabupaten Grobogan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan teknik kata kunci dan media objek langsung pada saat pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi dengan teknik kata kunci dan media objek langsung pada siswa kelas V. Sumber data yang diambil adalah kelas V SD Negeri 7 Wirosari, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan. Kelas V pada SD hanya terdiri atas 19 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu (1) variabel keterampilan menulis karangan deskripsi, dan (2) variabel teknik kata kunci dan media objek langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik tes diberikan melalui soal uraian dan teknik nontes diambil melalui observasi, catatan harian, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menyusun karangan siswa pada tahap prasiklus, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 53,16 termasuk dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan menggunakan teknik kata kunci dan media objek langsung pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 64,74 dengan kategori cukup. Tindakan dan nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang akan dicapai. Nilai rata-rata yang harus dicapai adalah 70. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 79,73 dalam kategori baik. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 14,99 atau 23,15% dari siklus I ke siklus II dan 26,57 atau 49,98% dari prasiklus ke siklus II. Selain itu, perilaku-perilaku negatif mengikuti pembelajaran pada tahap prasiklus dan siklus I mengalami perubahan ke arah positif pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik kata kunci dan media objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya mempertimbangkan teknik kata kunci dan media objek langsung dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan deskripsi, teknik kata kunci, dan media objek langsung.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2011 01:59
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item