Keefektifan Permainan dengan Media Kartu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Kelas X SMA Negeri 1 Cilacap.


Syahdiah Istiqomah , 2301404055 (2009) Keefektifan Permainan dengan Media Kartu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Kelas X SMA Negeri 1 Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Permainan dengan Media Kartu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Kelas X SMA Negeri 1 Cilacap.]
Preview
PDF (Keefektifan Permainan dengan Media Kartu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Kelas X SMA Negeri 1 Cilacap.) - Published Version
Download (455kB) | Preview

Abstract

Kosakata memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa asing karena kita tidak dapat membuat sebuah kalimat tanpa sebuah kata. Oleh karena itu guru harus mencari cara agar pembelajar termotivasi dalam pembelajaran kosakata dan selalu mengingat kosakata yang telah diberikan pada saat proses belajar mengajar. Ada banyak cara untuk mengajarkan kosakata. Salah satunya yaitu dengan menggunakan permainan dengan media kartu. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keefektifan permainan dengan media kartu dalam pembelajaran kosakata bahasa Prancis kelas X SMA Negeri 1 Cilacap. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang, yaitu semua siswa kelas X.C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai daftar nama siswa dan jumlah siswa, sedangkan metode tes digunakan mengetes siswa yang diteliti. Tes diberikan kepada siswa pada awal pertemuan (pretest) dan pada akhir pertemuan (posttest) setelah diberi pembelajaran menggunakan permainan dengan media kartu. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Guna menguji reliabilitas tes dalam penelitian ini digunakan teknik pengulangan tes (test-retest), yaitu dengan cara memberikan tes yang sama dua kali kepada responden yang sama dengan selang waktu tertentu. Hasil tes pertama dan kedua dikorelasikan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pernainan dengan media kartu pada kelas X di SMA Negeri 1 Cilacap mempunyai pengaruh positif dalam pembelajaran kosakata bahasa Prancis. Hal itu dapat dilihat dari hasil yang dicapai responden pada pretest dan posttest. Pada nilai pretest rata-rata nilai yang dicapai siswa yaitu 65,53, dengan nilai tertinggi yaitu 88 dan nilai terendah yaitu 31 sedangkan pada nilai posttest rata-rata nilai siswa yaitu 91,84, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 77. Berdasarkan pada standar kriteria penilaian di SMA Nilai 91,84 termasuk dalam kategori Baik sekali. Dari perhitungan data pre-test dan post-test dengan menggunakan rumus t-test diperoleh hasil t hitung =9,30. untuk pengetesan satu ekor, t tabel = 1,70. Jadi t hitung > t tabel, sehingga hipotesis “ada perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya permainan dengan media kartu dalam pembelajaran kosakata bahasa Prancis di SMA Negeri 1 Cilacap” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, media, kartu.
Subjects: P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2011 07:03
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item