PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Akhmad Munawar , 5301404033 (2009) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI  PENUNJANG PERKULIAHAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI PENUNJANG PERKULIAHAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini paradigma pendidikan telah berkembang dengan menempatkan teknologi informasi sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, baik melalui proses pembelajaran, akademik maupun penelitian. E-Learning adalah sebuah proses pembelajaran dimana penyampaian materi, diskusi dan kegiatan perkuliahan lainnya dilakukan melalui media elektronik. SCORM merupakan standarisasi pendistribusian konten e-Learning yang dikeluarkan oleh ADL yang memungkinkan pertukaran objek pembelajaran antara LMS yang satu dengan yang lainnya, sehingga konten pembelajaran tersebut dapat digunakan terus menerus dengan memperbaharui isi tanpa membuat dari awal lagi. MOODLE adalah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus, pelatihan dan pendidikan berbasis internet dan telah mendukung standar pendistribusian konten e-Learning yang mengacu pada SCORM. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan e-Learning berbasis MOODLE di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, (2) Menyusun paket konten e-Learning berbasis MOODLE pada mata kuliah Arsitektur Sistem Komputer yang disesuaikan dengan standar SCORM dan (3) Melakukan evaluasi dari pengembangan e-Learning berbasis MOODLE pada mata kuliah Arsitektur Sistem Komputer. Penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil dari pengembangan e-Learning di Jurusan Teknik Elektro Unnes adalah portal e-Learning dengan nama Electro Virtual Learning yang dapat diakses secara online melalui alamat http://elektro.unnes.ac.id/virtual. Portal e-Learning ini telah terintegrasi dengan website jurusan teknik elektro Unnes dengan menggunakan satu database saja, Paket konten e-Learning (Content Aggregation Package) yang disusun untuk mata kuliah Arsitektur Sistem Komputer meliputi Rangkuman Arsitektur Sistem Komputer, Modul Organisasi Komputer dan Presentasi Mata Kuliah telah memenuhi standarisasi SCORM meliputi Accessibility, Adaptability, Affordability, Durability, Interoperability dan Reusability. Hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa selama penelitian telah sesuai dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan ADDIE. Sedangkan pada evaluasi sumatif menunjukkan hasil umpan balik (feedback) dari pengguna e-Learning ini sudah pada kriteria BAIK dengan prosentase sebesar 80%. Penelitian ini baru sampai pada tahap pengembangan e-Learning dan penyusunan paket konten e-Learning, sehingga perlu diadakan penelitian lanjutan untuk penelitian tindakan kelas dan paket konten yang disusun baru berupa teks dan flash presentation, sehingga perlu dikembangkan untuk tipe lain seperti video on demand maupun video streaming.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-Learning, SCORM, MOODLE, standarisasi e-Learning.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 07:04
Last Modified: 23 Sep 2014 15:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item