Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe TPS Kelas XI IPA SMA N 2 Bae Kudus


Fitriyana Sari, 4301406050 (2011) Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe TPS Kelas XI IPA SMA N 2 Bae Kudus. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe TPS Kelas XI IPA SMA N 2 Bae Kudus]
Preview
PDF (Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe TPS Kelas XI IPA SMA N 2 Bae Kudus) - Published Version
Download (94kB) | Preview

Abstract

Sari, Fitriyana. 2010. Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe TPS Kelas XI IPA SMA N 2 Bae Kudus. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wisnu Sunarto, M.Si. Pembimbing II: Dr. A. Tri Widodo. Kata Kunci: Komparasi, Hasil Belajar, TSTS, TPS Materi kimia kebanyakan berupa konsep yang abstrak dan kompleks, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami. Diperlukan metode pembelajaran yang mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diberi pengajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) lebih baik daripada tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa hasil belajar siswa yang diberi pengajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik daripada tipe TPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bae Kudus. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling menghasilkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 sebesar 81,15, sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 76,84. Pada uji t satu pihak kanan thitung (2,94) > ttabel (1,665) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 1 lebih baik dari eksperimen 2. Persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelas eksperimen 1 sebesar 95,1%, sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 86,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran kooperatif tipe TSTS memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada tipe TPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Hasil Belajar, TSTS, TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2011 01:26
Last Modified: 23 Nov 2011 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9006

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item