HUBUNGAN PEMANFAATAN CANDI GEDONG SONGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI POKOK KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN PENINGGALANNYA DI INDONESIA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTs AL BIDAYAH CANDI KAB.SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010


MUNDRIKAH, 3101406042 (2011) HUBUNGAN PEMANFAATAN CANDI GEDONG SONGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI POKOK KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN PENINGGALANNYA DI INDONESIA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTs AL BIDAYAH CANDI KAB.SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of HUBUNGAN PEMANFAATAN CANDI GEDONG SONGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI POKOK KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN PENINGGALANNYA DI INDONESIA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTs AL BIDAYAH CANDI KAB.SEMARANG TAHUN AJARAN 2009]
Preview
PDF (HUBUNGAN PEMANFAATAN CANDI GEDONG SONGO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI POKOK KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN PENINGGALANNYA DI INDONESIA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTs AL BIDAYAH CANDI KAB.SEMARANG TAHUN AJARAN 2009) - Published Version
Download (99kB) | Preview

Abstract

Mundrikah. 2010. Hubungan Pemanfaatan Candi Gedong Songo Sebagai Sumber Belajar IPS Sejarah Dengan Minat Belajar Sisiwa Materi Pokok Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha dan Peninggalannya di Indonesia. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Dra. Ufi saraswati, M.Hum dan Arif Purnomo, SS, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pemanfaatan, Candi Gedong Songo, Sumber Belajar, Minat Belajar Candi Gedong Songo dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar terutama pada pokok bahasan kerajaan-karajaan hindu-budha dan peninggalannya di Indonesia karena Candi Gedong Songo merupakan salah satu candi yang bercorak agama hindu. Pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar di MTs sangat mungkin dilakukan, karena letak sekolahan tersebut dekat dengan objek candi dan siswa dapat belajar langsung ke sumber belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar IPS Sejarah siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. (2) bagaimana minat belajar IPS Sejarah siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010.(3) bagaimana hubungan pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar IPS Sejarah dan minat belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 54 siswa. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel karena subjek penelitian hanya berjumlah 54 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (X) yaitu pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar IPS Sejarah siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 dan variabel terikat (Y) yaitu minat belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar IPS Sejarah siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 dipeoleh skor 6633 termasuk kriteria tinggi,(2) minat belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 diperoleh skor 6525 yang termasuk kriteria baik,(3) hubungan pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar IPS Sejarah dan minat belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 diperoleh indeks korelasi 0,734 yang termasuk dalam korelasi yang tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan Candi Gedong Songo sebagai sumber belajar IPS Sejarah dan minat belajar siswa kelas VII MTs Al Bidayah Candi Kab.Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Saran yaitu perlu adanya peningkatan secara maksimal dalam penggunaan sumber belajar dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pokok bahasan atau materi yang diajarkan, diharapkan dengan adanya penelitian ini mampu mendorong adanya penelitian lain mengenai pemanfaatan sumber belajar di daerah lain, sekolah yang letaknya berdekatan dengan situs sejarah diharapkan dapat memanfaatkan situs tersebut sebagai sumber belajar tentu saja disesuaikan dengan pokok bahasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Candi Gedong Songo, Sumber Belajar, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2011 01:27
Last Modified: 23 Nov 2011 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9001

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item