“Peningkatan Keterampilan Bermain Drama melalui Teknik Permainan (Dolanan) Anak untuk Siswa Kelas V SD Negeri Gunungsimping 03 Cilacap Tahun Ajaran 2009/2010”.


Ceskha Nur Rina, 2101405024 (2009) “Peningkatan Keterampilan Bermain Drama melalui Teknik Permainan (Dolanan) Anak untuk Siswa Kelas V SD Negeri Gunungsimping 03 Cilacap Tahun Ajaran 2009/2010”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Peningkatan Keterampilan Bermain Drama melalui Teknik Permainan (Dolanan) Anak untuk Siswa Kelas V SD Negeri Gunungsimping 03 Cilacap Tahun Ajaran 2009/2010”.]
Preview
PDF (“Peningkatan Keterampilan Bermain Drama melalui Teknik Permainan (Dolanan) Anak untuk Siswa Kelas V SD Negeri Gunungsimping 03 Cilacap Tahun Ajaran 2009/2010”.) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia, ternyata keterampilan bermain drama siswa kelas V SD Negeri Gunungsimping 03 Cilacap masih sangat rendah. Rendahnya keterampilan bermain drama siswa kelas V ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari faktor siswa itu sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan yaitu teknik mengajar yang digunakan oleh guru masih kurang bervariasi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas V SD Negeri Gunung simping 03 Cilacap digunakan cara dengan menggunakan teknik permainan (dolanan) anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan keterampilan bermain drama melalui teknik Permainan (Dolanan) Anak pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Simping 03 Cilacap, (2) Bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran bermain drama melalui teknik Permainan (Dolanan) Anak pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Simping 03 Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan bermain drama dan perubahan perilaku belajar siswa kelas V SD N egeri Gunungsimping 03 Clacap setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik Permainan (Dolanan) Anak. Selain itu, penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Gunungsimping 03 Cilacap. Instrumen yang digunakan berupa tes dan nontes. Instrumen tes menghasilkan data kuantitatif berupa nilai tes memerankan tokoh drama siswa, sedangkan instrumen nontes menghasilkan data kualitatif berupa perilaku siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis melalui analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes antara siklus I dan siklus II, sedangkan data kualitatif dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengamati perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan bermain drama siswa dapat dilakukan dengan menggunakan teknik permainan (dolanan) anak. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 30,5%. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 68,57 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,82. Peningkatan siswa dalam bermain drama diikuti pula dengan perubahan perilaku siswa yang mengarah pada perilaku positif. Simpulan penelitian ini adalah teknik permainan (dolanan) anak mampu meningkatkan keterampilan bermain drama dan dapat mengbah perilaku siswa kelas V SD N Gunungsimping 03 Cilacap. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, agar menggunakan teknik permainan (dolanan) anak dalam kegiatan pembealajaran bermain drama dan melatih kebiasaan siswa untuk bermain drama. Bagi siswa terus berlatih untuk bermain drama, agar dapat terampil dalam bermain drama dan hasilnya dapat terus meningkat. Bagi para praktisi atau peneliti dalam bidang pendidikan dan bahasa dapat melekukan penelitian serupa dengan teknik pembelajaran yang berbeda. Sehingga didapatkan berbagai alternatifteknik pebelajaran bermain drama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain Drama, Teknik Permainan (Dolanan) Anak
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Apr 2011 06:57
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item