PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS GROUP INVESTIGATION ASER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SEMARANG


ALVIA RIFTIANI, 4301406065 (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS GROUP INVESTIGATION ASER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of PENGARUH  PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS GROUP INVESTIGATION ASER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SEMARANG] Microsoft Word (PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS GROUP INVESTIGATION ASER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SEMARANG)
Download (57kB)

Abstract

Riftiani, Alvia. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Group Investigation ASER Terhadap Hasil Belajar Materi Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Drs. Nurwachid Budi S, M Si dan Dra. Titi Wahyukaeni S, M.Pd. Kata kunci: pengaruh, Group Investigation ASER dan hasil belajar. Pembelajaran yang digunakan pada kelas X yaitu guru menggunakan metode diskusi kelas dalam kelompok besar sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, hanya sebagian siswa yang aktif, siswa jarang diajak diskusi dalam kelompok kecil untuk memecahkan suatu masalah dan materi yang diterima belum sepenuhnya di hubungkan dengan kehidupan nyata siswa sehingga kreativitas dan kerjasama antar siswa kurang. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Group Investigation ASER terhadap hasil belajar materi redoks siswa kelas X SMA Negeri 4 Semarang. Analisis data dilakukan dua tahap, tahap awal dan akhir. Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan anava yang berfungsi untuk mengetahui keadaan awal populasi dan analisis hasil uji coba soal. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variable, koefisien determinasi, analisis aspek afektif dan psikomotorik, serta analisis tanggapan siswa. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis Group Investigation ASER mempengaruhi hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh yang diberikan metode ini adalah 31,25%, sesuai perhitungan koefisien determinasi. Agar pembelajaran kontekstual berbasis Group Investigation ASER dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, Group Investigation ASER dan hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:16
Last Modified: 20 Nov 2011 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item