PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA KUDUS


Rita Trisna Deasyanti, 7101406042 (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of  PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA KUDUS] Microsoft Word ( PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA KUDUS)
Download (63kB)

Abstract

SARI Deasyanti, Rita Trisna. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga dan Strategi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Kudus. Skripsi. Jurusan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Ketut Sudarma, M.M. II. Nina Oktarina S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Motivasi belajar, Lingkungan keluarga, Strategi belajar dan Prestasi Belajar. Prestasi belajar sangat penting sekali sebagai indikator keberhasilan siswa baik bagi seorang guru maupun siswa. Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dapat dipengaruhi oleh faktor yang berada dalam diri siswa atau faktor dari luar diri siswa. Berdasarkan observasi awal di SMK Tamansiswa Kudus, dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang diantaranya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran mengelola sistem kearsipan belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai tengah semester dimana masih banyak siswa yang tidak dapat mencapai batas minimal nilai ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 72. Hal ini diduga karena faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar juga masih kurang optimal. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah motivasi belajar, lingkungan keluarga dan strategi belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh motivasai belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus? (2) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus? (3) Adakah pengaruh strategi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus? (4) Adakah pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga dan strategi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamnsiswa Kudus. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga dan strategi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran mengelola sistem kearsipan kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Tamansiswa Kudus yang berjumlah 88 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh populasi menjadi anggota yang akan dianalisis menjadi sampel. Ada empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: motivasi belajar, lingkungan keluarga, strategi belajar dan prestasi belajar. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, lingkungan keluarga dan strategi belajar dalam kategori baik. Secara simultan motivasi belajar, lingkungan keluarga dan strategi belajar mempengaruhi prestasi belajar mengelola sistem kearsipan siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Lingkungan keluarga, Strategi belajar dan Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:16
Last Modified: 20 Nov 2011 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item