PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I TANJUNG


Suwarni, 1404907069 (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I TANJUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSIATAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I  SD NEGERI I TANJUNG] Microsoft Word (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I TANJUNG)
Download (54kB)

Abstract

Suwarni. 2010. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bangun Datar Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas I SD Negeri I Tanjung. E-TA, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. 134 Halaman. Dosen Pembimbing: Dra. Hartati, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Bangun Datar, Kontekstual Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar matematika khususnya pada materi pokok bangun datar pada siswa kelas I SD Negeri I Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sedangkan guru selalu menggunakan pembelajaran konvensional tanpa memanfaatkan alat peraga yang sudah ada dan hanya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran berjalan monoton dan tidak menarik. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Penelitian E-TA ini bertujuan menerapkan pendekatan matematika kontekstual untuk menemukan cara efektif dalam (1) meningkatkan kemampuan guru dan murid dalam pembelajaran (2) aktivitas belajar, dan (3) prestasi belajar pada siswa kelas I SD Negeri I Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi pokok bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan tindakan sebanyak dua siklus. Tiap tindakan meliputi tahap perencanaan, tindakan/pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penyajian soal-soal kontekstual pada siswa yang diselesaikan dengan mengoptimalkan penggunaan alat peraga ternyata menarik perhatian siswa yang berimbas kepada meningkatnya motivasi belajar, aktivitas, dan hasil belajar siswa; pemberian LKS pada siswa ternyata dapat membimbing siswa melakukan suatu penemuan dengan lebih sistematis; pemberian latihan yang cukup dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga siswa termotivasi untuk selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu disimpulkan bahwa pendekatan matematika kontekstual dapat meningkatkan kemampuan, aktivitas, dan prestasi belajar bagi siswa kelas I SD Negeri I Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Bangun Datar, Kontekstual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:19
Last Modified: 20 Nov 2011 11:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8961

Actions (login required)

View Item View Item