PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Ady Sanjaya, 1102403027 (2011) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, UNIVERSIATAS NEGERI SEMARANG.

Abstract

ABSTRAK Sanjaya, Ady. 2010: Pengaruh Kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri I Pegandon Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Suripto. M.si; Drs Haryanto Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar. Skripsi ini ditulis dengan alasan bahwa peranan siswa dalam proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan belajarnya. Oleh karena itu siswa harus lebih kreatif dan memiliki kemandirian belajar yang tinggi. Intensitas pemanfaatan perpustakaan oleh siswa sangat erat kaitannya dengan proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah. Kemandirian belajar memiliki peranan penting dalam mendukung pemanfaatan perpustakaan sekolah sehingga dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan alasan tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian Pengaruh Kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri I Pegandon Tahun Pelajaran 2009/2010. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon Tahun Pelajaran 2009/2010?". Populasi yang dijadikan obyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 160 orang. Dalam pengambilan sampel ditentukan 25 % dari populasi yakni sebanyak 40 siswa dan dalam pengambilan sampel tersebut menggunakan Propotional Random Sampling yang menjadi anggota sampel untuk masingmasing kelas dilakukan secara acak sederhana/undian. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan deskriptif persentase, analisis regresi berganda, Uji F, dan koefesien determinasi. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan program SPSS release 12.0 diperoleh Hasil uji F diperoleh F hitung = 25,099 dan nilai p value = 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Pegandon Kabupaten Kendal Tahun ajaran 2009/2010 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa terhadap prestasi belajarnya, walaupun masih ada faktor-faktor diluar itu yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: toro mahasiswa fisika
Date Deposited: 20 Nov 2011 06:19
Last Modified: 20 Nov 2011 06:19

Actions (login required)

View Item