Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Teknik Cuplik dan Rangkai Kalimat pada Siswa Kelas IX A SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010.


Nining Purwanti, 2101405019 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Teknik Cuplik dan Rangkai Kalimat pada Siswa Kelas IX A SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Teknik Cuplik dan Rangkai Kalimat pada Siswa Kelas IX A SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Teknik Cuplik dan Rangkai Kalimat pada Siswa Kelas IX A SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010.) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis resensi buku siswa SMP N 3 Ungaran masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh faktor ketidaktepatan pemilihan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Pendekatan yang digunakan guru masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, sehingga ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran. Faktor lain yang berasal dari siswa adalah kurangnya motivasi untuk menulis resensi buku karena ada anggapan bahwa meresensi buku itu sulit, dan membutuhkan waktu yang lama. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi keterampilan siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran dalam meresensi buku, (2) peningkatan keterampilan meresensi buku siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran setelah penerapan teknik cuplik dan rangkai kalimat dalam pengajaran, dan (3) perubahan perilaku siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran setelah diterapkan pengajaran meresensi buku dengan teknik cuplik dan rangkai kalimat. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsi keterampilan siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran dalam meresensi buku, (2) peningkatan keterampilan meresensi buku siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran setelah penerapan teknik cuplik dan rangkai kalimat dalam pengajaran, dan (3) perubahan perilaku siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran setelah diterapkan pengajaran meresensi buku dengan teknik cuplik dan rangkai kalimat. Penelitian ini memunyai manfaat teoretis dan praktis. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis resensi buku pada siswa kelas IX A SMP N 3 Ungaran yang berjumlah 29 siswa dengan perincian 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik cuplik dan rangkai kalimat, dan peningkatan keterampilan menulis resensi buku. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk uraian, dan nontes berupa pedoman observasi yang disertai dokumentasi foto, jurnal, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan menulis resensi buku pada prasiklus, rata-ratanya adalah 61,47 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan berupa penerapan teknik cuplik dan rangkai kalimat dalam menulis resensi buku, pada siklus I rata-rata keterampilan menulis resensi buku siswa meningkat menjadi 70,69 dengan kategori cukup. Pada siklus II, rata-rata keterampilan menulis resensi buku siswa adalah 78,97. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 15,01% dari prasiklus ke siklus I, 11,71% dari siklus I ke siklus II, dan 22,16% dari prasiklus ke siklus II. Selain itu, perilaku-perilaku negatif siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mengalami perubahan ke arah positif pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik cuplik dan rangkai kalimat dapat meningkatkan keterampilan menulis resensi buku, dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya mempertimbangkan penggunaan teknik cuplik dan rangkai kalimat dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis resensi buku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, resensi buku, teknik cuplik dan rangkai kalimat.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Apr 2011 06:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item