PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGAPRESIASI CERITA PENDEK YANG BERTEMA MULTIKULTURAL UNTUK TINGKAT SMP


Eli Rahmawati , 2101406017 (2010) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGAPRESIASI CERITA PENDEK YANG BERTEMA MULTIKULTURAL UNTUK TINGKAT SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGAPRESIASI CERITA PENDEK YANG BERTEMA MULTIKULTURAL UNTUK TINGKAT SMP] Microsoft Word (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGAPRESIASI CERITA PENDEK YANG BERTEMA MULTIKULTURAL UNTUK TINGKAT SMP) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Rahmawati, Eli. 2010. Pengembangan Buku Panduan Mengapresiasi Cerpen yang Bertema Multikultural untuk Tingkat SMP. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Subyantoro, M.Hum., Pembimbing II: Drs. Mukh Doyin, M.Si. Kata kunci: cerpen, apresiasi cerpen, multikultural, dan buku panduan. Pembelajaran apresiasi cerpen bagi siswa SMP memerlukan buku panduan. Pentingnya buku panduan mengapresiasi cerpen adalah karena kebutuhan siswa dan guru. Sementara itu, buku panduan yang diinginkan oleh siswa dan guru belum terpenuhi di dunia pendidikan, buku yang ada pun belum dikuhususkan untuk tingkat SMP, sedangkan buku yang dibutuhkan siswa dan guru adalah buku memiliki cakupan materi lengkap, baik teori maupun praktik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan buku panduan mengapresiasi cerpen yang bertema multikultural sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pemahaman siswa terhadap apresiasi cerpen yang bertema multikultural, (2) bagaimana prototipe buku panduan mengapresiasi cerpen bertema multikultural yang sesuai kebutuhan siswa dan guru tingkat SMP, dan (3) perbaikan prototipe buku panduan mengapresiasi cerpen yang bertema multikultural sesuai kebutuhan siswa dan guru tingkat SMP. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) diketahuinya pemahaman siswa terhadap apresiasi cerpen yang bertema multikultural, (2) dibuatnya prototipe buku panduan mengapresiasi cerpen bertema multikultural yang sesuai kebutuhan siswa dan guru tingkat SMP, dan (3) diperolehnya saran perbaikan terhadap buku panduan mengapresiasi cerpen yang bertema multikultural untuk siswa tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam bukunya Sugiyono dan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahap-tahap tersebut antara lain (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Setelah penelitian dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) adanya kebutuhan buku panduan mengapresiasi cerpen yang bertema multikultural, (2) pemahaman siswa mengenai apresiasi cerpen yang masih harus ditingkatkan, (3) kebutuhan bahasa yang santai pada buku panduan, (4) kabutuhan materi cerpen mencakup (i) cerpen bertema persahabatan berbeda agama, (ii) adanya tokoh yang memiliki status sosial berbeda dengan tokoh lain, (iii) watak tokoh yang baik hati, (iv) menggunakan alur maju, (v) setting tempat di pedesaan/perkotaan serta setting waktu pada zaman modern, (vi) dan amanat yang diinginkan adalah saling menghargai perbedaan budaya yang ada, dan (5) kebutuhan fisik buku meliputi (i) judul buku menarik, (ii) jenis kertas soft cover, (iii) gambar pada cover adalah macam-macam suku di Indonesia dengan warna cerah, (iv) isi buku lengkap dengan pemaparan materi yang teoretis dan praktis, terdapat petunjuk penggunaan buku, contoh apresiasi cerpen, evaluasi materi, dan gambar-gambar pendukung. Dari beberapa kebutuhan siswa dan guru, didapat beberapa prinsip pengembangan buku, yaitu (1) warna cover cerah dengan gambar kebudayaan Indonesia, (2) ketebalan buku panduan berkisar 50 s.d. 100 halaman, berisi pendahuluan, isi, dan penutup, jenis huruf dan font yang digunakan adalah comic sans dengan ukuran 12, (3) bahasa pada judul buku disusun sesuai EYD dan disesuaikan dengan topik, (4) isi buku disesuaikan dengan topik dan menggunakan diksi yang mudah dipahami pembaca, (5) disertai gambar dan hiburan agar variasi, (6) disertai soal dan latihan, dan (7) unsur-unsur cerpen, tema, tokoh, watak tokoh, alur, setting, dan amanat. Setelah disusun prototipe buku panduan mengapresiasi cerpen multikultural dilakukan penilaian oleh guru dan ahli yang menghasilkan nilai rata-rata (1) cover 70,2; (2) anatomi buku 84,6; (3) judul buku 77,1; (4) isi buku 70,6; (5) tambahan 70,8; (6) soal dan latihan 70,8; dan (7) unsur cerpen 75,7. Perbaikan-perbaiakan yang dilakukan oleh peneliti, yaitu (1) perubahan warna dan tulisan pada cover buku, (2) perubahan letak halaman pada daftar isi, (3) perubahan pada petunjuk buku, (4) perbaikan pada halaman judul bab, (5) peniadaan warna pada tiap-tiap halaman, dan (6) sedikit perubahan pada isi buku. Saran yang direkomendasikan penulis adalah (1) guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang menarik, (2) hendaknya diadakan pengembangan terhadap bahan ajar mengapresiasi cerpen multikultural, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku panduan mengapresiasi cerpen multikultural untuk SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerpen, apresiasi cerpen, multikultural, dan buku panduan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:20
Last Modified: 20 Nov 2011 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8948

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item