PENGARUH PENGETAHUAN, KEGUNAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU EKONOMI-AKUNTANSI DI SMA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010


NOOR LAELA MAFTUCHAH, 7101406571 (2011) PENGARUH PENGETAHUAN, KEGUNAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU EKONOMI-AKUNTANSI DI SMA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri samarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN, KEGUNAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU EKONOMI-AKUNTANSI DI SMA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010] Microsoft Word (PENGARUH PENGETAHUAN, KEGUNAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU EKONOMI-AKUNTANSI DI SMA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010)
Download (60kB)

Abstract

Maftuchah, Noor Laela. 2010. Pengaruh Pengetahuan, Kegunaan dan Penggunaan Media Berbasis ICT Terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru Ekonomi-Akuntansi di SMA se-kabupaten Kudus Tahun 2009/2010. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Drs. Asrori, M.S. Dosen Pembimbing II: Linda Agustina, SE,M.Si. Kata Kunci : Pengetahuan, Kegunaan, Penggunaan, media ICT, efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh secara parsial maupun simultan yaitu variabel pengetahuan media ICT, variabel kegunaan media ICT, dan variabel penggunaan media ICT terhadap efektivitas pembelajaran guru ekonomi-akuntansi. Responden penelitian ini adalah 42 orang guru mata pelajaran ekonomi-akuntansi di Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Kudus tahun 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner kepada para responden di setiap sekolah. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan media ICT, kegunaan media ICT, penggunaan media ICT dan efektivitas pembelajaran. Hasil uji persamaan regresi secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 27.267, dan signifikan pada taraf 0.000. Karena prob Fhitung < 0.05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi efektivitas pembelajaran. Atau dengan kata lain, pengetahuan media ICT (X1), kegunaan media ICT (X2) dan penggunaan media ICT (X3) secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran (Y). Hal ini berarti H₁ diterima. Demikian halnya dengan uji koefisien korelasi parsial (Uji t) menunjukkan bahwa untuk pengetahuan media ICT diperoleh nilai thitung sebesar 0.977, dan signifikan pada taraf 0.000. Karena prob thitung < 0.05, maka model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi efektivitas pembelajaran. Hal ini berarti H₂ diterima. Sedangkan kegunaan media ICT diperoleh nilai thitung sebesar 3.029, dan signifikan pada taraf 0.000. Karena prob thitung < 0.05, maka model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi efektivitas pembelajaran. Hal ini berarti H₃ diterima. Dan untuk penggunaan media ICT diperoleh nilai thitung sebesar 2.512, dan signifikan pada taraf 0.000. Karena prob thitung < 0.05, maka model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi efektivitas pembelajaran. Hal ini berarti H₄ diterima. Hasil uji koefisien determinasi ganda (R2) menunjukkan besarnya pengaruh antara pengetahuan media ICT (X1), kegunaan media ICT (X2) dan penggunaan media ICT (X3) terhadap efektivitas pembelajaran (Y) secara bersama-sama tergolong sedang. Hal ini ditunjukan pada R2 (koefisien determinasi) sebesar = 0.658. Artinya 65,8% efektivitas pembelajaran guru ekonomi-akuntansi dapat dijelaskan melalui pengetahuan media ICT, kegunaan media ICT dan penggunaan media ICT, sedangkan sisanya sebesar 34,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pengetahuan, kegunaan dan penggunaan media berbasis ICT yang signifikan terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru Ekonomi-Akuntansi di SMA Se-Kabupaten Kudus Tahun 2009/2010. Saran bagi pihak sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan sarana dan prasarana media ICT untuk peningkatan kualitas pembelajaran guru, pihak sekolah dan Dinas pendidikan diharapkan lebih aktif dalam mengadakan pelatihan mengenai media pembelajaran berbasis ICT agar guru dapat menggunakan dan memanfaatkan sarana prasarana yang ada untuk menunjang efektivitas pembelajaran guru sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kegunaan, Penggunaan, media ICT, efektivitas pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:22
Last Modified: 20 Nov 2011 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item