KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU MASALAH MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 2 RSBI KENDAL

Tifani Megasari, 4101406596 (2010) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU MASALAH MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 2 RSBI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Megasari, Tifani. 2010. Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Materi Segi Empat Di Kelas VII SMPN 2 RSBI Kendal. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. YL. Sukestiyarno, M.S, Pembimbing II: Dr. Scolastika Mariani, M.Si. Kata Kunci: Keefektifan, Problem Based Learning, Kartu masalah Pada penelitian ini akan menerapkan pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning dan pemberian tugas terstruktur Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi persegi panjang dan persegi. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah keterampilan proses dan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran tersebut dapat mencapai ketuntasan belajar yang diinginkan, apakah keterampilan proses berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, dan apakah prestasi belajar yang diperoleh lebih baik daripada prestasi belajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 RSBI Kendal tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari enam kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIIB sebagai kontrol dan kelas VIIC sebagai eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan proses dan prestasi belajar peserta didik. Data diperoleh dengan cara tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan uji banding t dan uji pengaruh regresi. Hasil perhitungan didapatkan rata-rata nilai keterampilan proses 78,5 dan prestasi belajar peserta didik 73,87 melebihi standar tuntas yang ditetapkan sebesar 75 dan 70. Terdapat pengaruh positif antara keterampilan proses terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi = 2,05 + 0,91 X sebesar 66%. Untuk rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen = 73,86 lebih baik dari pada rata-rata prestasi belajar kelas kontrol = 55,4. Dari ketiga hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran efektif tercapai. Maka disarankan hendaknya guru dalam mengajar mengutamakan peserta didik belajar aktif, salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan pemberian tugas terstruktur Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Problem Based Learning, Kartu masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Ahmad Juheri Fisika
Date Deposited: 20 Nov 2011 06:27
Last Modified: 20 Nov 2011 06:27

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item